Masjid Jami Ul-Alfar. ©Time2travelpix.com

Keunikan Arsitektur Masjid Merah di Kolombo, Sri Lanka

NEWS BANDA ACEH – Masjid Jami-Ul-Alfar disebut-sebut sebagai salah satu masjid terindah di dunia. Namun namanya masih kalah tenar daripada masjid kristal Kuala Trengganu atau masjid Sultan Omar Ali Saifuddin Brunei Darussalam yang berlapis emas.

Jami-Ul-Alfar berdiri di tengah pusat Pettah dengan kombinasi warna merah dan putih yang mencolok. Dilansir Lonely Planet, tempat ibadah yang satu ini mendapatkan julukan masjid merah. Letaknya di Secon Cross Street, Kolombo, Sri Lanka. Masjid ini juga dikenal dengan nama Samman Kottu Palli.

Dilansir TimeOut, masjid merah dibangun dengan desain arsitektur Indi-Saracenic. Terlihat dari kubahnya yang berbentuk seperti buah delima. Pembangunan masjid merupakan inisiatif komunitas muslim Pettah, menjadikan masjid merah sebagai salah satu tempat ibadah tertua di Kolombo.

Awalnya masjid ini dibangun sebagai tempat ibadah khusus bagi para pengusaha India Selatan sepanjang abad 19. Namun kini masjid tersebut dipakai untuk beribadah oleh lebih dari 2000 jemaah. Pada hari Jumat, masjid ini bahkan bisa menampung sampai 5000 jemaah. [merdeka]

x

Check Also

Seruan Bersama Forkopimda Banda Aceh Terkait Pelarangan Perayaan Malam Tahun Baru

NBA – Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM bersama segenap unsur ...