banner 728x250

Kodim Aceh Barat Gelar Outbond dalam Pekan Pancasila

  • Bagikan
Kegiatan ini dilakukan sebagai tindaklanjut dari pimpinan untuk menyelenggarakan Pekan Pancasila di wilayah masing-masing, adapun tujuannya adalah untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila dan untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila, sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Materi penyelenggaraan Pekan Pancasila meliputi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) tentang Pancasila yang disampaikan langsung oleh Dandim 0105/Abar Letkol Inf Herry Riana Sukma dan Kebhinekaan Tunggal Ika disampaiakan oleh Kapten Inf Mazwar AR. Sedangkan permainan Outbond dan PBB dibawakan oleh Bintara Staf Ter dan Staf Ops serta beberapa orang Babinsa.
Dandim 0105/Abar Letkol Inf Herry Riana Sukma dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan Pekan Pancasila dilaksanakan agar generasi muda paham dan setia kepada Pancasila sebagai Idiologi bangsa dan negara Indonesia, serta jadikan Pancasila sebagai pedoman pada kehidupan sehari-sehari.
Para pelajar pun diajak mengenal Pancasila, salah satunya untuk tampil mengucapkan lima sila Pancasila tanpa menggunakan teks. itu dalam upaya memicu kemampuan para siswa untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan Pancasila, sehingga lima sila Pancasila ini tidak hanya dihafalkan saja, tetapi harus diamalkan dengan baik yang pada akhirnya kita cinta tanah air, cinta bangsa dan cinta negara.
Sementara Kepala MAN 1 Meulaboh Drs. Suhadi menyambut baik kegiatan ini karena dapat meningkatkan jati diri anak-anak dalam menangkal hal negatif. Diharapkan kegiatan seperti ini tidak hanya dalam pekan pancasila tetapi dapat berlanjut diwaktu kedepan.
Usai pembekalan wawasan kebangsaan dilanjutkan dengan permainan outbond sebagai hiburan acara pekan pancasila. Adapun materi outbond antara laian Tongkat estafet, Boduzer, permadani terbang, Hulahop, Water estafet dan memindahkan bola dengan tali serta materi baris berbaris. para siswa Sangat antusias untuk mengikutinya, karena kegiatan ini dikalangan pelajar sangat jarang dilakukan.
“Saya sangat senang mengikuti kegiatan outbond ini, karena sangat menarik dan penuh tantangan,” ucap salah seorang siswa. (Red)
  • Bagikan