Ilustrasi kulit kering. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/kanokshoti

Lima Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kulit Keringmu Semakin Parah!

 

NEWS BANDA ACEH – Kulit kering adalah masalah kecantikan utama bagi beberapa orang. Tak sedikit yang merasa putus asa karena lotion dan body butter saja tak mempan untuk mengatasinya. Mungkin masalahnya terletak pada kebiasaan sehari-hari yang tidak kita sadari bisa menjadikan kulit semakin kering.

Mengabaikan kulit kering karena jerawat

Kata siapa jerawat hanya bisa terjadi pada kulit berminyak? Beberapa orang mengalami kulit kering dan jerawat di saat yang bersamaan. Biasanya solusi yang mereka ambil adalah fokus pada pengobatan jerawat dan mengabaikan kulit kering atau mengelupas dengan kekhawatiran memakai pelembap akan menjadikan jerawat semakin parah. Padahal obat jerawat biasanya menjadikan kulit semakin kering.

Situs Begoun menyarankan penggunaan cleanser dengan formula ringan dan toner untuk mengembalikan kelembapan kulit yang hilang. Gunakan obat topikal dengan kandungan Benzoyl peroxide pada bagian yang berjerawat saja. Selagi pengobatan berlangsung, kelembapan wajah tetap harus dijaga dengan moisturizer atau serum.

Malas menggunakan tabir surya

Mungkin bagi kamu memakai lotion saja sudah cukup untuk melindungi kulit dari kekeringan. Tetapi kamu perlindungan yang lebih baik kalau sering beraktivitas di luar ruangan. Karena efek merusak sinar ultra violet tak hanya bisa menjadikan kulit terbakar, tetapi juga kering.

Pilih pelembap tubuh dan wajah dengan kandungan minimal SPF 30. Kamu juga bisa menggunakan tabir surya secara terpisah sebelum beraktivitas di bawah pancaran sinar matahari.

Mandi terlalu lama dengan air hangat

Air dengan suhu tinggi bisa mengikis kelembapan dari permukaan kulit. Jadi kurangi kebiasaan untuk berendam atau mandi dengan air hangat terlalu lama. Paparan udara dingin AC juga bisa menjadikan kulit kering. Kalau kamu harus beraktivitas di ruangan ber-AC setiap hari, sebaiknya rutin aplikasi ulang pelembap setiap beberapa jam.

Menggunakan sabun kesat

Jangan dikira efek kesat setelah mencuci wajah atau mandi adalah hal yang baik. Kulit kesat bukan berarti bersih. Ini adalah tanda bahwa kulit mengalami kekeringan. Jadi sebaiknya hentikan kebiasaan menggunakan sabun yang memberikan efek kesat. Pilih sabun atau body wash yang mengandung lebih banyak pelembap.

Mengelupas kulit mati sembarangan

Saat kulit mulai terkelupas, biasanya kita tak tahan untuk tidak mengelupasnya sekalian. Kita melakukannya dengan kasar atau eksfoliator berbahan keras. Jika ingin melakukan eksfoliasi, sebaiknya pilih scrub lembut dengan AHA atau BHA saja.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang bisa menjadikan kulit kering semakin parah. Hentikan sekarang juga jika kamu sering melakukan salah satunya. [merdeka]

 

x

Check Also

Seruan Bersama Forkopimda Banda Aceh Terkait Pelarangan Perayaan Malam Tahun Baru

NBA – Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM bersama segenap unsur ...