banner 728x250

Walikota: Keuchik Harus Mampu Dorong Tumbuhnya Perekonomian Gampong

  • Bagikan

NBA – Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman SE Ak MM meminta Keuchik Fauzi Usman SH yang baru dilantik sebagai Keuchik Gampong Neusu Aceh Kecamatan Baiturrahman agar mampu mendorong tumbuhnya perekonomian gampong setempat.

Hal ini disampaikan Aminullah saat memberikan sambutannya usai menyaksikan pelantikan Fauzi Usman, Selasa (25/7/2017) di Masjid Babaul Jannah, Neusu Aceh.

Pelantikan Fauzi Usman oleh Camat Baiturrahman, M Rizal S STP terasa spesial karena disaksikan oleh orang nomor Satu dan Dua di jajaran Pemerintah Kota Banda Aceh sekaligus, karena selain Aminullah dan istri Hj Nurmiaty juga hadir Wakil Walikota Drs H Zainal Arifin dan istri Hj Fauziah.

Menurut Aminullah yang juga Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Aceh ini, dengan dana besar yang dimiliki setiap gampong sudah semestinya Keuchik dan aparatur gampong mampu mendorong tumbuhnya perekonomian warganya, terutama warga yang bergerak dibidang ekonomi kreatif seperti menggali potensi para pengrajin.

Selain itu, Walikota juga berpesan agar Keuchik harus berada di garda terdepan dalam penegakan syariat Islam.

“Keuchik, aparatur gampong dan warga harus berada di garda terdepan penegakan syariat Islam. Ini tidak bisa ditawar-tawar, dalam visi misi kami juga memprioritaskan pembangunan Agama, Ekonomi dan Pendidikan,” tegas Aminullah.

Pesan lain, Walikota juga mengingatkan Fauzi Usmandan jajarannya harus segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Gampong (RPJMG).

“RPJMG ini salah-satu syarat pencairan dana desa. Ini menjadi sebuah PR besar untuk perangkat gampong untuk diselesaikan penyusunannya,” pinta Aminullah.

Demikian juga dengan penggunaan dana desa, Walikota meminta agar Keuchik dan aparatur gampong harus benar-benar memahami regulasinya, agar kemudian hari tidak bermasalah dengan hukum.

“Kami berharap pengelolaan dana desa dapat melibatkan partisipasi masyarakat dalam perencanaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan penggunaannya selain untuk pembangunan fisik, juga dapat menyentuh pemberdayaan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Warga Neusu Aceh Peusijuk Amin-Zainal

Moment pelantikan Keuchik Fauzi Usman dimanfaatkan warga Neusu Aceh untuk melakukan peusijuk (tepung tawari) Walikota dan Wakil Walikota beserta para istri. Sejak Amin-Zainal dilantik secara resmi pada 7-7-2017 lalu, baru kali ini pertama kali Amin-Zainal mengunjungi Gampong Neusu Aceh.

Saat tiba di halaman Masjid Babul Jannah, petinggi Gampong Neusu sudah menunggu dan begitu Walikota dan Wakil Walikota turun dari mobilnya langsung disambut dengan pengalungan bunga.

Sejenak kemudian, Amin-Zainal beserta Hj Nurmiaty dan Hj Fauziah di peusijuk di dalam Masjid oleh tokoh masyarakat dan para ulama. (Ril)

  • Bagikan