Aminullah: Bangsa Yang Besar dan Maju Adalah Bangsa Yang Menghargai Budaya

NBA – Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman SE. Ak, MM mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai budayanya. Hal ini disampaikan Aminullah disela-sela acara malam penerimaan Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi 2017 di Hotel Grandika, Jakarta (27/9). Penghargaan ini di rencakan akan langsung diserahkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Kamis malam (28/7) di Gedung Kementrian PK.

Kesempatan tersebut juga digunakan Wali Kota Banda Aceh ini untuk turun berpartisipasi dan ikut memegang Kentongan bambu bersama anak – anak dalam menyampaikan ajakan agar masyarakat Indonesia dapat melestarikan permainan tradisional Indonesia yang makin lama makin ditinggalkan.

Aminullah mengatakan, Indonesia mempunyai ragam kebudayaan yang harus dilestarikan di seluruh pelosok negeri. Secara lebih khusus Wali Kota juga menyampaikan komitmennya untuk melestarikan budaya negeri yang ada di Banda Aceh.

“Banda Aceh sendiri merupakan Kota Pusaka yang memiliki warisan budaya yang luar biasa. Baik kesenian, cita rasa kuliner serta adat istiadat. Pemerintah Kota melalui Dinas Pariwisata dan Majelis Adat Aceh akan menjalankan peran bersama dengan masyarakat untuk memelihara dan melestarikan cagar budaya serta adat istiadat agar dapat diwariskan ke generasi seterusnya,” ujar Aminullah.

“Pagelaran Festival kebudayaan pun telah menjadi rutinitas di Banda Aceh dengan menampilkan seni tari seperti Saman, Seudati serta Rapa’i geleng. Kegiatan ini juga memberikan tempat untuk kuliner seperti Kopi Aceh yang terkenal dan Kuah Beulangong (kuah kari). Bahkan beberapa waktu yang lalu Banda Aceh memecahkan rekor MURI dalam kategori pembawa talam terbanyak dengan 1072 talam dan berisi makanan yng bisa dimakan 5000 orang,” lanjut nya.

Aminullah juga mengajak masyarakat agar dapat melestarikan budaya negeri. “Ayo kita semua menjadi duta dalam menjaga dan melestarikan seni dan budaya tradisional Indonesia, jangan sampai amblas,” pesan Wali Kota.

Anugerah Kebudayaan dan Maestro Seni Tradisi sendiri merupakan penghargaan sebagai bentuk apresiasi terhadap insan-insan yang berdedikasi terhadap pembangunan kebudayaan Indonesia.

Acara tersebut Dihadiri oleh Direktur warisan dan diplomasi budaya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, para penerima anugerah se-Indonesia serta pejabat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (TA)

x

Check Also

Wali Kota Ajak Warga Bangkitkan Budaya Hidup Bersih, Jemaah MPG Diharapkan Jadi Pelopor

NBA – Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM ...