banner 728x250

Aminullah Hibur Warga Gampong Seuradek Dengan Dentuman Rapai

  • Bagikan

NBA – Peh Rapai merupakan salah satu hobi dari Walikota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE, Ak, MM. Mulai bermain Rapai dari sekolah dasar, Aminullah pun menunjukkan kepiawaiannya dalam menabuh rapai yang membuat warga Gampong Seuradek sangat terhibur ketika melakukan saweu Gampong di Woyla, Aceh Barat, Minggu (3/9).

Bergabung bersama tim rapai dari Lhok Guci Pantee Cermin dan tim rapai Seuradeuk, Aminullah bak seorang professional menabuh gendang Rapai yang di sambut applause dari warga yang memadati area pentas. Tidak terlihat kejanggalan sedikit pun ketika sang Walikota menabuh Rapai tersebut.

“Peh rapai ini sudah saya lakukan sejak dulu, bahkan saya sudah membuat sanggar yang di beri nama Sanggar seni Rapai Gemilang,” ujar Aminullah.

Dalam kesempatan tersebut M. Jamil warga Seuradeuk meminta Aminullah untuk memperhatikan dan meningkatkan kepedulian kepada seni kami rapai ini. “Kami mengharapkan Pak Amin dapat mengembangkan seni tradidional ini karena ini juga menjadi salan satu ajang untuk mengeratkan silaturrahmi antar warga dan bahkan antar Gampong. Kedepan kami harap Rapai ini juga dapat diperlombakan serta menjadi ajang unjuk prestasi dan bakat bagi generasi kita” ujarnya.

Aminullah mengatakan bahwa rapai ini perlu terus dilestarikan. “Rapai ini adalah salah alat yang di pergunakan ulama dalam memperluas syiar Islam. Disamping sebagai hiburan untuk masyarakat dengan pepatah “peunajoh timpan piasan rapai”. Insya Allah kami akan membantu semaksimal mungkin agar seni ini dapat terus dikembangkan di masyarakat dan terus menjadi seni daerah yang kita banggakan” tutup ketua MES Aceh ini. (TA)

  • Bagikan