banner 728x250

Hadiri Green Cities Conference, Aminullah Komitmen Bangun Kota Hijau

  • Bagikan

NBA – Aminullah Usman terus menunjukan komitmennya dalam membenahi infrastruktur di Kota Banda Aceh. Pada 5-6 September 2017 Walikota Banda Aceh ini menghadiri Green cities conference yang diselenggarakan di Ramadha Plaza, Melaka, Malaysia.

Konfrensi internasional ini mengambil tema “meningkatkan kerjasama dan integrasi regional menuju jaringan kota hijau di ASEAN” dimana Banda Aceh bersama Pontianak dan Tanjung Pinang hadir mewakili Indonesia. Turut hadir perwakilan dari negara-negara ASEAN, organisasi non pemerintah seperti ADB, ICLEI, ITDP, perwakilan dari Universitas serta organisasi internasional dan perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi hijau.

Bertujuan untuk mengumpulkan stakeholder kunci dari Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT), Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Filipina East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) dan Greater Mekong Sub Region (GMS). Konferensi ini diharapkan dapat menghasilkan platform bersama bagi stakeholder di ASEAN untuk menunjukkan upaya pembangunan hijau berdasarkan Sustainable Development Goals (SDG’s).

Aminullah menyampaikan bahwa konfrensi ini memberikan banyak masukan bagi Kota Banda Aceh dalam menyusun Green City Action Plan serta bagaimana membangun Kota yang mampu menghadapi perubahan iklim, transportasi hijau serta mempunyai efesiensi dalam bidang energi.

“Banyak hal yang dapat kita pelajari disini, bagaimana kita perlu membangun Kota yang layak huni dengan membangun ruang terbuka hijau yang atraktif, bagaimana sistem transportasi harus mampu mengakomodasi rencana pembangunan kota serta penggunaan energi terbarukan” ujar Aminullah.

Aminullah juga menyampaikan bahwa Kehadiran dalam konferensi ini merupakan bagian dari upaya dari Kota Banda Aceh untuk bisa bergabung dalam pilot project pengembangan kota hijau. “Kita perlu membangun jaringan
bersama kota-kota hijau dunia. Saat ini, telah ada banyak organisasi yang bisa memberikan dukungan keahlian untuk kota yang berkomitmen terhadap visi kota hijau. Banda Aceh bisa mendapatkan banyak manfaat dengan bergabung dalam jaringan ini” terangnya.

Dalam kesempatan ini, Walikota Banda Aceh juga menyerahkan plakat kepada perwakilan pemerintah Kota Malaka dan Asian Development Bank (ADB). Turut mendampingi Walikota, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan serta Tenaga Ahli Regional Planning Bappeda Kota Banda Aceh. (TA)

  • Bagikan