banner 728x250

Kampung Baru Berbenah, Kepemimpinan Keuchik Marwan Tuai Apresiasi

  • Bagikan
Keuchik Marwan Yusuf (tengah) didampingi Yudi Effendi, Manajer Operasional Zona 3 di DLHK3 (dua kiri) dan warga saat memantau kegiatan pembersihan drainase.

NBA – Keuchik Gampong Kampung Baru, Kecamatan Baiturahman, Banda Aceh mulai melakukan gebrakan, salah satunya adalah membersihkan seluruh saluran drainase di Kampung Baru yang selama ini bila musim hujan, maka air akan tergenang ke jalan bahkan masuk kedalam rumah warga.

Program ini merupakan normalisasi dan rehap saluran drainase, yang mengucurkan anggaran 190 juta dari sumber Dana Desa, juga didukung penuh oleh Babinsa dan Babinkantibmas Kampung Baru, Tuha Peut, serta seluruh perangkat desa lainnya, karena program ini berdasarkan kesepakatan bersama sesuai dengan hasil rapat tentang Dana Desa. Kata Marwan Yusuf, pada NBA Selasa,(26/09).

Jadi awalnya memang program ini adalah permintaan masyarakat, karena lokasi berjualannya selalu tergenang air, bahkan ada yang sebagian masuk air kedalam rumah warga, dan program ini juga merupakan visi dan misi Keuchik terkait kebersihan, serta tentunya mendukung program Wali kota dan Wakil Wali kota Banda Aceh dalam hal kebersihan Kota. Terang Marwan Yusuf.

“Sebenarnya persoalan drainase ini sudah dari tahun 2008 tidak pernah dibersihkan hingga saat ini. Yang akibatnya selalu banjir bila saat hujan dan membuat pasar selalu becek, untuk itu masyarakat meminta dibenahi dan sesuai dengan visi dan misi saya, akhirnya kita kerahkan tenaga, waktu dari pagi, siang hingga malam untuk menyelesaikan pekerjaan ini,” jelasnya.

Lanjutnya, Insya Allah pembersihan ini setelah kami perhitungkan bersama konsultan akan memakan waktu 1 bulan, kerena dibersihkan secara bertahap dan untuk drainase yang sudah kita bongkar guna untuk diangkat seluruh sampah didalamnya, akan di perbaiki seperti semulanya usai pembersihan yang akan memakan waktu 1 minggu.

“Pengerjaannya juga melibatkan tim dari DLHK3 Banda Aceh dalam pengangkatan yang diangkat dari dalam drainase ke mobil sampah untuk selanjutnya dibuang,” ujar Marwan.

Sebagai Keuchik, saya hanya mengharapkan setelah pengerjaan ini selesai, mari bersama kita menjaganya, yaitu jangan membuang sampah sembarang dan harus gemar bergotong royong. Agar terciptanya Gampong Kampung Baru yang bersih dan gemilang.

Program yang di jalankan oleh Keuchik Gampong Kampung Baru tersebut siap kita dukung sepenuhnya. Karena ini sejalan dengan program Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh untuk menuju kota bersih dan sehat. Kata Yudi Effendi, Manajer Operasional Zona 3 di DLHK3, saat dikonfirmasi NBA.

Selain itu kita juga sangat mengapresiasi program tersebut, karena sudah begitu lamanya drainase terbengkalai hingga tersumbat karena sampah yang menumpuk, sehingga menurut informasi warga sekitar, menyebabkan selalu menimbulkan genangan air saat hujan, bahkan masuk air kerumah warga. Namun, dikepemimpinan Keuchik Marwan, itu dapat teratasi dan menjadi lebih baik serta bersih pastinya. Ujar pria yang akrab disapa Ampon Nara ini.

Sementara itu salah seorang warga di Kampung Baru kepada NBA mengatakan, “Kami sangat berterimakasih kepada Keuchik Marwan yang sudah membersihkan drainase di Kampung Baru ini, selama ini bila hujan sedang selalu digenangi air, bila deras maka air masuk kerumah, tapi semoga setelah di bersihkan ini hal tersbeut tidak akan terjadi lagi,”

Warga lainnya yang ditemui NBA juga mengatakan hal senada, Keuchik Marwan memang bereh. Semoga Kampung Baru setelah pekerjaan ini menjadi kampung yang bersih dan lebih baik dari sebelumnya. Harapnya.

“Saya tak salah pilih dan tak salah menangkan, selamat bekerja Pak Keuchik, semoga menjadi pemimpin yang amanah serta selalu memperjuangkan aspirasi warga Kampung Baru, salah satunya pembersihan drainase tersebut, sangat kita apresiasi tentunya,” Terang Hendra Halim, SE, Tokoh muda Banda Aceh yang juga merupakan mantan ketua tim pemenangan Keuchik Marwan.

Lanjutnya, kita juga meminta kepada seluruh warga Kampung Baru, juga masyarakat yang datang berbelanja di seputaran Kampung Baru, mari bersama kita menjaga kebersihan dan buanglah sampah pada tempatnya. Karena kebersihan merupakan sebagian dari iman.

(AD)

  • Bagikan