banner 728x250

Ketua MES Aceh Buka Pengajian Ekonomi Syariah, Ini Harapannya

  • Bagikan

NBA – Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Aceh, H. Aminullah Usman, SE, Ak, MM membuka pengajian rutin Sabtu subuh dengan tema “Ekonomi Syariah” yang dilaksanakan pada Sabtu (9/9) di Masjid Agung Al- Makmur (Masjid Oman) Lampriek, Kuta Alam, Banda Aceh.

Dalam sambutan singkatnya Aminullah Usman yang juga Wali Kota Banda Aceh ini menyampaikan bahwa pengajian ini dapat menambah erat persaudaraan dan meningkatkan silaturahmi. Oleh sebab itu Aminullah menghimbau warga Kota Banda Aceh untuk dapat bergabung dalam pengajian yang terbuka untuk masyarakat luas ini.

Lebih lanjut Aminullah menyampaikan pesan bahwa dalam penerapan Ekonomi Syariah, MES harus dapat memfasilitasi masyarakat agar lebih memahami pelaksanaan Ekonomi Syariah.

“Sudah merupakan tugas MES untuk meningkatkan sosialisasi ekonomi syariah agar masyarakat memahami maksud, tujuan serta pelaksanaan nya” ujar Aminullah.

Sementara itu, Prof Syahrizal Abbas dalam tausiahnya menyampaikan bahwa terdapat empat prinsip dasar ekonomi syariah. “Pertama, tauhid wal ibadah. Artinya semua yang kita kerjakan harus memiliki landasan tauhid. Semua amalan kita sejatinya dalam rangka menghambakan diri kepada zat yang maha agung,” ungkapnya.

“Prinsip yang kedua; apapun harta yang kita miliki merupakan hak milik Allah SWT. Dalam ekonomi syariah harta adalah amanah, dan ada hak orang-orang fakir/miskin di sana untuk membersihkan jiwa kita. Prinsip ini sangat bertolak belakang dengan kapitalisme,” ungkapnya lagi.

Adapun prinsip selanjutnya yakni adil, baik dalam tahapan produksi, distribusi hingga konsumsi. “Termasuk di dalamnya kejujuran, bukan riba, dan tidak ada unsur maisir. Dan prinsip yang keempat; seluruh aktivitas perekonomian syariah harus memastikan bermaslahat bagi semua komponen umat manusia, bukan hanya untuk umat Islam karena Islam adalah agama yang rahmatan lil ‘alamin,” sebutnya. (TA,ril)

  • Bagikan