banner 728x250

PAN Minta Duta Besar Myanmar Diusir

  • Bagikan
Yandri Susanto

NBA – Myanmar sebagai negara yang menjadi bagian komunitas dunia harus menjunjung tinggi asas kemanusiaan bagi rakyatnya.Demikian ditegaskan Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto menyikapi semakin panasnya gejolak konflik kemanusiaan di negara bagian Rakhine, Myanmar.

“Tentu dia (Myanmar) harus tunduk pada nilai universal kemanusiaan, tidak boleh dia membabi buta dan menutup mata,” ujar Yandri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (31/8).

Yandri menekankan bahwa Pemerintah Indonesia harus melakukan tindakan tegas bagi Myanmar. Karena Indonesia terikat dengan aturan konstitusi UUD 1945 untuk menciptakan kedamaian dunia.

“Karena ini sudah perintah UUD 1945 tentu Indonesia harus berperan aktif, ini masalah kemanusiaan bukan masalah agama,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Yandri pemerintah Myanmar juga harus diberi ketegasan untuk kembali memahami apa arti dari kemanusiaan bagi rakyatnya.

“PAN malah meminta supaya Myanmar tidak main-main ya duta besarnya diusir dulu biar mereka paham bahwa kemanusiaan itu penting,” demikian Yandri. (san/rmol)

  • Bagikan