banner 728x250

Pesan Chek Zainal Untuk Imum Mukim Syekh Abdurrauf

  • Bagikan

NBA – Imum Mukim Syeikh Abdurrauf Kecamatan Syiah Kuala, Tgk Zainuddin Ubit baru saja dilantik. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Camat Syiah Kuala, Drs Fahmi MSi, Rabu (25/10/2017) di komplek makam Syiah Kuala, Banda Aceh.

Prosesi pelantikan ini disaksikan langsung oleh Wakil Wali kota Banda Aceh Drs H Zainal Arifin, Wakil Ketua DPRK Banda Aceh Heri Julius, Camat Kuta Alam Faisal S STP, para Keuchik dilingkungan Mukim Syeihk Abdurrauf, tokoh masyarakat, unsur pemuda dan warga mukim setempat.

Dalam sambutannya, Zainal Arifin atau yang akrab disapa Chek Zainal menyampaikan beberapa pesan. Pesan pertama, Chek Zainal meminta Tgk Zainuddin Ubit bekerja dan melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugasnya.

“Imum memiliki peran sentral didalam masyarakat, selain bertindak sebagai pemuka penyelenggara adat dan perselisihan adat, secara Undang-undang, peran mukim secara hirarkis pemerintahan, berada di bawah camat dan di atas Keuchik,” ujar Chek Zainal.

Pesan selanjutnya, Tgk Zainuddin Ubit diminta dapat mengambil peran menjadi pemersatu antar pemerintahan Gampong se-Kemukiman Syeikh Abdurrauf.

“Karenaya, saudara harus dapat membangun komunikasi yang harmonis dengan para Keuchik dan Tuha Peut Gampong, dalam pembinaan kemasyarakatan didalam Kemukiman yang saudara pimpin,” pinta Chek Zainal.

Dalam kesempatan tersebut, Chek Zainal juga mengimbau kepada Camat, para Keuchik, Tuha Peut dan seluruh masyarakat se-Kemukiman Syeikh Abdurrauf, agar mendukung setiap langkah Imum Mukim untuk berperan maksimal menjadi alat pemersatu dan pemangku adat dalam pembinaan kemasyarakatan.

Sementara itu, Zainuddin Ubit saat menyampaikan pidato perdananya sebagai Mukim yang akan membawahi empat gampong menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada warga dan semua pihak yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk memimpin Mukim Syeikh Abdurrauf hingga tahun 2022.

“Ini kepercayaan dari warga, sebenarnya saya tidak berinisiatif untuk naik, tapi karena dorongan dari warga yang begitu kuat membuat Saya memiliki semangat. Semoga Saya dapat memenuhi harapan dari warga Mukim Syeikh Abdurrauf dan kita akan mampu menyelesaikan sejumlah persoalan secara bersama-sama dimukim kita ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Tgk Zainuddin juga mengajak seluruh warga agar memanfaatkan energi untuk pembangunan kota dan pembangunan agama. (Red)

  • Bagikan