Usman, SE (Bendahara DPD PAN Kota Banda Aceh)

Sosok Ibu di Mata Usman, SE

NBA – Usman, SE Bendahara DPD PAN Kota Banda Aceh memaknai Hari Ibu sebagai momen untuk kembali mengingat jasa sang ibunda dalam hidupnya. Di usianya yang sudah menginjak 47 tahun, semua yang telah ia raih tentunya berkat dukungan dan doa dari seorang ibu. Terimakasih Ibu. Ujar Usman pada NBA, Kamis (21/12).

“Walaupun sang ibu telah menghadap Allah SWT, tapi Hari Ibu menurut Usman adalah hari dimana kita lebih mengingat kembali jasa dan perjuangan seorang ibu pada anaknya, sebenarnya setiap hari selalu mengingat jasa seorang ibu, tapi di Hari Ibu lebih spesial,” ungkapnya.

Usman menerangkan, birul walidain atau berbakti kepada kedua orang tua (ayah dan ibu) menempati posisi yang tinggi di dalam ajaran islam. Hal itu telah ditunjukkan dengan adanya perintah berbuat baik kepada orang tua, sebagaimana disebutkan di dalam Al Qur’an.

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.” (QS. Al Isra : 23).

Lanjut Usman, ketika orang tua masih hidup, kita bisa melaksanakan kewajiban birul walidain. Namun jika orang tua telah meninggal dunia, tidak banyak yang bisa kita lakukan kecuali mendoakannya. Dan orang tua yang telah meninggal memang sangat mengharapkan lantunan doa yang dipanjatkan oleh anak-anaknya.

Sehingga menjadi kewajiban bagi anak-anaknya untuk rajin mendoakan orang tua yang telah meninggal dunia. Karena mendoakan orang tua adalah salah satu cara terbaik untuk melaksakan birul walidain setelah meninggalnya orang tua.

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah, dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah ‘azza wajalla akan mengangkat derajat seorang hamba yang shalih di surga, hamba itu kemudian berkata; ‘Wahai Rabb, dari mana semua ini? ‘ maka Allah berfirman; ‘Dari istighfar anakmu.’

Lebih lanjut, ibu di mata Usman adalah sosok wanita yang super yang mampu menenangkannya dalam segala situasi.

Usman berpesan kepada siapapun yang masih memiliki sosok seorang ibu saat ini, “Sebagai anak, sudah saatnya untuk selalu berusaha membahagiakan sang ibunda. Tak hanya di Hari Ibu saja, tapi juga di setiap harinya. Sebab selama ini ibu telah memberikan kita kasih sayang tanpa batas dan pamrih,”

“Bagaimana cara untuk membahagiakan seorang Ibu. Bukan hanya menuntut orangtua membahagiakan anaknya, tapi sekarang saatnya para anak yang harus membahagiakan ibunya. Karena, peran ibu sangat besar terhadap pendidikan seorang anak dan didalam keluarga,” ujarnya.

Dia menambahka, ibu adalah seorang yang luar biasa, walaupun nampak lemah tapi memiliki kekuatan yang luar biasa dan terbukti bahwa hampir 24 jam para ibu bekerja baik mengurus rumah tangga dan kegiatan-kegiatan lainnya. (AD)

x

Check Also

Seruan Bersama Forkopimda Banda Aceh Terkait Pelarangan Perayaan Malam Tahun Baru

NBA – Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM bersama segenap unsur ...