banner 728x250

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Moment Wali kota Serap Aspirasi Warga

  • Bagikan

NBA – Memasuki bulan Maulid di Aceh, umumnya diperingati selama tiga bulan, yakni Rabiul Awal, Rabiul Akhir dan Jumadil Awal, hampir semua warga di Gampong-gampong dalam wilayah Kota Banda Aceh memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW.

Peringatan Maulid yang digelar oleh warga hampir selalu dihadiri Wali kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM dan Wakil Wali Kota Drs. H. Zainal Arifin. Amin-Zainal selalu mengupayakan hadir dan berbaur dengan warga disetiap kegiatan peringatan Maulid Nabi di Banda Aceh.

“Ini sudah menjadi tradisi warga kita, dimana memasuki Maulid selalu menggelar acara memperingati hari lahirnya Rasulullah SAW. Kita ingin bersama-sama dengan warga memperingati dan memetik pelajaran dari perjalanan Rasulullah untuk kemudian kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Wali kota disela-sela peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Minggu (28/1) di Masjid Baitul Mukminin Gampong Lamteh, Kecamatan Ulee Kareng.

Kata Wali kota, peringatan Maulid dapat meningkatkan rasa syukur umat Islam atas kelahiran Rasulullah SAW yang telah membawa perubahan besar terhadap akhlak manusia, dari alam Jahiliyah ke Islamiah.

“Setiap peringatan Maulid juga menjadi momentum kita meneladani Rasulullah atas budi pekerti mulia yang dimilikinya,” ujar Aminullah.

Wali kota juga melihat, pada bulan-bulan peringatan hari kelahiran Rasulullah SAW di Banda Aceh, ada dampak positif terhadap perekonomian rakyat karena semua sektor bergerak, baik perdagangan maupun sektor jasa.

Di tengah kesibukannya sebagai orang nomor Satu di Banda Aceh, Aminullah selalu menyempatkan diri hadir di setiap peringatan Maulid yang digelar warganya. Bahkan dalam sehari, Wali kota menghadiri tiga hingga empat acara peringatan Maulid Nabi.

“Momentum peringatan Maulid ini kita manfaatkan sebagai ajang untuk menyerap aspirasi warga. Dengan berbaur langsung bersama mereka, kita bisa tahu apa saja harapan dari warga dan tentunya masukan dan saran juga. Dengan harapan, saran serta masukan warga tersebut, akan sangat membantu kami untuk menentukan kebijakan pembangunan di Kota yang kita cintai ini,” ujar Aminullah.

Karenanya, Wali kota turut memboyong para Kepala SKPK Banda Aceh setiap turun ke Gampong untuk menghadiri peringatan Maulid Nabi, agar Kepala SKPK juga dapat melihat langsung dan mendengar aspirasi dari warga kota. (Red)

  • Bagikan