Dengan Niat Tulus Untuk Meneruskan Pengabdian Pada Rakyat, Ini Sosok Anwar Ahmad

NBA – Pria kelahiran Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar 12 Januari 1959 ini sehari-harinya aktif berprofesi sebagai seorang wirausahawan dan aktivis politik.

Tinggal di Jalan Melati No. 56 Komplek Perumahan Ajun-Lam Hasan Peukan Bada Aceh Besar. Pria yang senang berbisnis ini kini memegang tampuk Pimpinan sebagai Ketua PAN Aceh, sedari periode 2010 – 2015 dan 2015 – 2020. Ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Kabupaten Aceh Besar periode 2007 – 2012.

Anwar Ahmad menyelesaikan Pendidikan Dasar di SD Lampuuk, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Lhoknga dan Pendidikan Menengah Atas di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Banda Aceh. Alumni Fakultas Ekonomi Unsyiah tahun 1986 ini di mata teman-teman seperjuangan merupakan sosok aktivis organisasi dan intelektual berprestasi.

Ketika masih mengenakan Jas Almamater Universitas Syiah Kuala, Anwar Ahmad sudah aktif di organisasi intra maupun ekstra kampus, sehingga membuat ia tidak hanya lalu dikenal memiliki kecakapan dalam membesarkan komunitas namun sekaligus telah turut memberinya berkah pertemanan cukup luas.

Lebih dari pada itu, ia pun dinilai cukup berhasil merangkul, memimpin, dan menginspirasi orang-orang disekitarnya agar terus berjuang mengukir prestasi dan kreasi positif.

Catatan pengalaman dalam membesarkan beberapa organisasi membuat Anwar Ahmad kemudian makin sering mendapatkan kepercayaan untuk memimpin sejumlah organisasi hingga sekarang ini. Beberapa diantaranya, yaitu sebagai Wakil Ketua Kadinda Aceh Besar, Wakil Ketua Pemuda Pancasila Aceh Besar, Ketua Harian PSAB Aceh Besar, Ketua Harian KONI Aceh Besar, Ketua PSSI Aceh Besar, Ketua Badan Narkotika Aceh Besar, Ketua Komunitas Intelijen Daerah Aceh Besar, Ketua Kwarcab Pramuka Aceh Besar, Wakil Ketua Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah Aceh (2010 – 2014).

Setelah berhasil meraih gelar Sarjana Ekonomi Akuntasi, Anwar Ahmad merintis sebagai profesional di PT. Lafarge Cement Indonesia (sebelumnya bernama PT. Semen Andalas Indonesia) pada tahun 1985. Berkat ketekunan dan kerja kerasnya, kemudian secara bertahap menapak sukses dengan menduduki sejumlah posisi strategis di struktur internal perusahaan. Ia mula-mula bertugas sebagai Staf Akuntan, lalu naik level menjadi Chief Accountant, lalu Manajer Keuangan dan terakhir sebagai Manajer Community Development sebelum kemudian memutuskan berhenti pada tahun 2002 karena keinginan untuk fokus berkiprah di dunia politik.

Anwar Ahmad mengawali karir politik dengan bergabung ke Partai Amanat Nasional (PAN) di tahun 1999 dan ia dipercaya mengemban tugas sebagai pimpinan mulai tingkat kecamatan, Kabupaten dan terakhir sebagai ketua PAN Aceh dua periode (2010 – 2015 dan 2015 – 2020).

Politisi PAN ini tercatat pernah mengemban amanah sebagai Anggota DPR Kabupaten Aceh Besar pada 1999-2004 dan Wakil Ketua DPR Kabupaten Aceh Besar pada 2004-2007 dan terakhir menjabat Wakil Bupati Aceh Besar periode 2007-2012. Catatan pengalaman tersebut memberikan motivasi kepada Anwar Ahmad untuk terus berjuang demi kemaslahatan rakyat Aceh.

Berbekal pengalaman didunia profesional, politik dan pemerintahan, maka dengan niat tulus untuk meneruskan pengabdian kepada rakyat, Anwar Ahmad kini berjuang sebagai Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) untuk Daerah Pemilihan Aceh. Demikian ia berharap dengan penuh kerendahan hati agar kiranya dapat memperoleh dukungan maksimal rakyat Aceh pada Pemilihan Legislatif 17 April 2019 mendatang.(*)

x

Check Also

Seruan Bersama Forkopimda Banda Aceh Terkait Pelarangan Perayaan Malam Tahun Baru

NBA – Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM bersama segenap unsur ...