Alumni Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Raih Pustakawan Terbaik Aceh

NBA – Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Aceh melaksanakan pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi tingkat provinsi Aceh tahun 2018. Kegiatan tersebut berlangsung dari 6-9 Mai 2018.

Untuk jenjang pendidikan dasar dilaksanakan di hotel Hijrah 1 dan II, sedangkan jenjang pendidikan menengah dihotel Diana, 88 hotel Atjeh, SEI hotel, dan hotel Daka.

Pada pemilihan tenaga perpustakaan SMP dan SMA Berprestasi tahun 2018 provinsi Aceh, sejumlah alumni Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil mendominasi untuk menjadi yang terbaik pada ajang tahunan ini.

“Untuk tenaga perpustakaan sekolah berprestasi tingkat SMP, alumni Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry berhasil meraih juara 1 (Fadhillah, A.Md) dan Juara 2 (Miftahul Jannah, S.IP). Sedangkan untuk tingkat SMA, Isra Mulia, S.IP meraih juara 1 dan Ana Yunita, S.IP meraih juara harapan II”,kata Nazaruddin, M.LIS yang merupakan salah satu dewan juri pada perlombaan tersebut, Kamis (10/5).

Nazaruddin, yang juga sebagai pustakawan berprestasi Nasional asal Aceh mengatakan kegiatan seperti ini patut diapresiasi, karena profesi pustakawan sudah setara dengan profesi lain dan menjadi integral dari kesuksesan pendidikan.

Selain itu, ia berharap semoga Pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan perlu menyediakan program pembinaan perpustakaan dan pendampingan khususnya pra kegiatan ini disekolah-sekolah untuk menyiapkan hal-hal yang perlu sesuai kriteria lomba.

“Aspek penilaian tenaga perpustakaan sekolah berprestasi tahun 2018 meliputi penilaian porto folio, test tulis, karya ilmiah best practice, video best practice, presentasi makalah dan wawancara”,kata Nazar.

Sementara itu, Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry, Zubaidah, M.Ed dihubungi secara terpisah mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif dan tentunya berimbas positif terhadap prospek karier lulusan program studi Ilmu Perpustakaan.

Ia berharap dengan percapaian ini, pustakawan di Indonesia khususnya Aceh terpacu untuk terus berkarya secara profesional dan tentunya bagi pemenang agar tidak cepat merasa puas dengan prestasi yang diraih. Karena sejatinya tantangan yang dihadapi kedepan akan semakin berat.

“Pengelola perpustakaan dituntut untuk lebih kreatif dalam memberikan layanan karena perkembangan teknologi informasi yang semakin hari berkembang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri dalam menumbuhkan budaya literasi dan pengembangan perpustakaan kedepan”,kata Zubaidah.

Berikut daftar pemenang tenaga perpustakaan sekolah berprestasi provinsi Aceh tahun 2018.

Tingkat SMP

Juara I : Fadhillah, A.Md (SMPN 6 Banda Aceh)

Juara II : Miftahul Jannah, S.IP (SMPIT Al-Fityan Aceh Besar)

Juara III : Fitriani (SMP Bandar Baru, Pidie Jaya)

Tingkat SMA

Juara I : Isra Mulia, S.IP (SMAN Seulimum Aceh Besar)

Juara II : Siti Alpiyah, S.IP (Sukma Bangsa Bireuen)

Juara III : Suhadi, S.Pd., M.Pd (SMAN 2, Pidie)

Juara Harapan I : Muksalmina, S.IP (SMAN 1 Lhokseumawe)

Juara Harapan II : Ana Yunita, S.IP (SMAN Cot Girek Aceh Utara)

x

Check Also

IPM Banda Aceh Terbaik Nasional

*Kemiskinan dan Pengangguran Menurun*Investor Lirik Banda Aceh Banda Aceh – Berdasarkan data dari ...