banner 728x250

Keuchik Marwan: Bukan Kerena PKL Tapi Parkir Berlapis Penyebab Kemacetan, Ini Pesan Wali Kota

  • Bagikan

ucapan puasa walikota dan wakil walikota banda aceh

NBA – Menjelang Hari Raya Idul Fitri kemacetan dibeberapa ruas jalan sangat dirasakan oleh warga Kota Banda Aceh, salah satunya di seputaran Jalan Mohd Jam dan Jalan Diponegoro, dimana maraknya pedagang kaki lima (PKL) dadakan yang menjajahkan berbagai aneka kebutuhan jelang lebaran.

Tak hanya itu, kemacetan juga diperparah dengan maraknya pengunjung yang memarkirkan kendaraannya hingga memakan badan jalan. Akibatnya tak jarang ada keluhan masyarakat terkait kesemrawutan arus lalu lintas semakin tak dihiraukan.

Keuchik Gampong Kampung Baru, Marwan Yusuf kepada NBA mengatakan, “Alhamdulillah ini merupakan rezeki dari Allah SWT yang datang setahun sekali, dimana para penjual dapat rezeki, dan para pembeli juga mendapatkan keperluan yang dicari dengan berbagai aneka discount,” katanya (13/6).

Seperti kita ketahui selama ini, Gampong Kampung Baru merupakan pusat kota tempat aneka perdagangan, tentunya ini merupakan tempat yang selalu di tuju bagi yang mencari aneka keperluan jelang lebaran. Untuk itu, saya sebagai Keuchik disini memohon partisipasi semua pihak untuk dapat memaklumi kondisi yang cuma setahun sekali ini. Ungkap Marwan Yusuf.

Namun, kali ini lonjakan baik pedagang dan pembeli sangat jauh meningkat dari tahun-tahun sebelumya, dapat terlihat setiap pagi sampai malam Pasar Atjeh selalu ramai, apalagi pada waktu malam hari usai salat taraweh, memang sangat padat dan sesak oleh para pengunjung yang ingin berbelanja. Katanya.

Lanjutnya, saya sudah menghadap langsung Wali Kota untuk melaporkan perihal tersebut, dengan sigap Wali Kota mengatakan “Silakan semua pedagang dapat berjualan mengingat dua hari lagi Idul Fitri 1439 H, jadi inilah momentum dimana para PKL dapat mengais rezeki dan meningkatkan perekonomian nya,” ujar Marwan menirukan perkataan Wali Kota pada dirinya.

Jadi kalau kita berbicara kemacetakan, intinya bukan karena PKL yang mencari rezeki jelang lebaran, tapi ya karena parkir yang sudah offside, tentunya untuk para juru parkir harus diatur dengan memberikan batas antara jalan dan parkir. Jajaran dishub juga harus memastikan agar parkir diawasi dan dikendalikan jangan sampai ada parkir sampai berlapis-lapis. terang Marwan Yusuf.

“Sebagai Keuchik Gampong Kampung Baru saat ini dan juga sudah 25 Tahun di Banda Aceh, saya melihat pertumbuhan ekonomi masyarakat kecil sangat luar biasa saat ini, kami sangat mengapresiasi kepemimpinan Aminullah – Zainal, disaat PERGUB Aceh saat ini, tapi Wali Kota dan Wakil Wali Kota memberikan kesempatan bahkan solusi kepada para PKL untuk dapat mengais rezeki jelang Idul Fitri 1439 H.” Tutup Marwan Yusuf. (AD)

  • Bagikan