banner 728x250

Buka Sosialisasi Pemahaman Bela Negara, Ini Pesan Wali Kota

  • Bagikan

NBA – Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar acara sosialisasi pemahaman bela negara bagi 100 pemuda gampong dan remaja masjid se-Banda Aceh, Kamis (19/7).

Acara rutin Kesbangpol yang berlangsung di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Lampineung ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM.

Dalam sambutannya, Aminullah mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman bela negara dan rasa cinta kepada tanah air dalam rangka mempertahankan NKRI secara optimal, sehingga tetap kokoh berdiri serta lebih maju dan sejahtera.

Menurutnya, eksistensi negara akan semakin kokoh seiring dengan penguatan karakter bangsa. Karakter bangsa itu bersumber dari empat pilar kebangsaan yang telah menjadi landasan pokok dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Empat pilar kebangsaan itu adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya.

“Dengan kita memahami nilai-nilai yang terkandung di dalam empat pilar kebangsaan, maka kita akan dapat mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari,” sambungnya.

Ia pun berharap kepada seluruh peserta kegiatan untuk dapat mengikutinya dengan serius, sehingga ilmu dan kepahaman yang diperoleh dapat diimplementasikan pada seluruh komponen masyarakat Banda Aceh.

“Harapan kami juga, melalui sosialisasi ini para peserta mempunyai kesiapan dalam menghadapi hambatan, tantangan, ancaman dan gangguan terhadap kedaulatan bangsa dari arah manapun datangnya. Dan yang terpenting, apapun profesi yang saudara jalani saat ini, jangan sampai luntur untuk terus mencintai Republik Indonesia ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Banda Aceh Faisal mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pemahaman bela negara bagi setiap warga kota sehingga menjadi penggerak dalam pembangunan bangsa yang berkualitas, berakhlak serta bermartabat. “Sehingga meningkat pula kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur budaya bangsa yang dapat diaplikasikan dalam setiap sikap dan tindakan sehari-hari.”

“Adapun para narasumber yang kami hadirkan antara lain Kakanwil Kemenhan RI Provinsi Aceh yang akan memberikan materi tentang Cinta Tanah Air, Staf Ahli Khusus Wali Kota Banda Aceh dengan materi Penguatan Kader Anak Bangsa, dan Kepala Badan Kesbangpol Banda Aceh dengan materi seputar Wawasan Kebangsaan,” katanya. (Red)

  • Bagikan