banner 728x250

Aminullah: Hewan Kurban di Banda Aceh Harus ASUH

  • Bagikan

NBA – Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM melepas 390 petugas yang terlibat sebagai pengawas hewan kurban dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1439 H.

Ke-390 petugas tersebut terdiri dari 260 mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Unsyiah, 60 sarjana kedokteran hewan, dan 70 dokter hewan dari Dinas Peternakan serta praktisi lainnya. Pelepasan tersebut berlangsung di Aula Mawardy Nurdin Balai Kota Banda Aceh, Senin (20/8).

Dalam sambutannya Aminullah mengatakan agar para petugas nantinya dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat, syarat dan tata cara yang layak dalam memilih dan menyembelih hewan kurban.

Ia berharap kegiatan ini dapat menekan angka hewan kurban yang kurang layak konsumsi, sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan daging kurban tanpa adanya rasa khawatir dan was-was. “Hewan Kurban di Banda Aceh harus ASUH; Aman, Sehat, Utuh dan Halal,” pesannya.

“Selain itu, kami harap kegiatan ini dapat mendorong banyaknya produk halal berbasis hewan ternak di Banda Aceh dalam rangka peningkatan usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” lanjutnya.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara PDHI Aceh bersama dinas terkait se-Banda Aceh dan Aceh Besar. Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Peternakan Aceh, Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DP2KP) Aceh, Kepala DP2KP Banda Aceh dan Aceh Besar, Dekan Fakultas kedokteran Hewan (FKDH) Unsyiah, beserta 260 mahasiswa FKDH Unsyiah yang akan bertugas sebagai pengawas hewan kurban.

Ketua PDHI Aceh drh. Zulya Zaini Yahya mengatakan bahwa, kegiatan pengawasan ini dilakukan di 45 gampong se-Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar mulai dari 14 hingga 23 Agustus mendatang.

“Kami telah melakukan pembekalan terhadap mahasiswa yang turut andil dalam kegiatan ini, begitu pula pembekalan terhadap kepala desa se-Banda Aceh dan Aceh Besar di Dinas Peternakan Aceh dari tanggal 14 Agustus lalu dan siap ditugaskan langsung besok hingga 23 Agustus mendatang,” ungkapnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan tugas secara simbolis oleh Wali Kota Banda Aceh kepada beberapa perwakilan yang akan bertugas Selasa (21/8) besok. (Red)

  • Bagikan