Melahirkan Generasi Gemilang Berkarakter Al-Quran Lewat Musabaqah Tahfiz

NBA – Pemerintah Kota Banda Aceh terus berupaya merealisasikan visi misi mewujudkan ‘Banda Aceh Gemilang Dalam Bingkai Syariah’. Realisasi visi misi ini diterjemahkan dalam berbagai program. Di bidang agama, yang merupakan salah satu-satu pilar prioritas selain ekonomi dan pendidikan, juga semakin gencar dilakukan.

Seperti Musabaqah Tahfizul Quran yang digelar untuk siswa SD dan SMP se-Kota Banda Aceh. Event yang digelar di Masjid Syuhada Lamgugop ini merupakan program Pemko Banda Aceh dalam rangka melahirkan generasi gemilang yang berkarakter Al-Quran.

Musabaqah yang diikuti oleh 511 siswa dari seluruh SD dan SMP di Banda Aceh ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM, Senin (26/1). Resminya lomba tahfiz ini dimulai, ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Wali Kota bersama Kadisdikbud Kota, Saminan, Kepala Kemenag Kota, Asy’ari dan Kadisdi Dayah, Tgk Tarmizi Daud.

Kata Aminullah, event ini merupakan program Pemko dalam membumikan Al-Quran di Banda Aceh. Menurutnya event MTQ tidak hanya cukup digelar di tingkat Kota, Kecamatan atau gampong saja, karena Al-Quran harus terus merasuk hingga ke seluruh sanubari masyarakat kota, termasuk ke kalangan siswa SD dan SMP.

“MTQ tingkat Kota sudah kita gelar, tingkat Kecamatan juga sudah. Saya juga minta digelar hingga tingkat gampong. Hari ini juga kita gelar tingkat siswa SD dan SMP. Ini semua dalam rangka mewujudkan visi misi Pemko dibidang agama,” kata Wali Kota.

Harapnya, dengan semakin banyaknya event seperti lomba tahfiz ini akan semakin mempercepat lahirnya generasi yang mencintai Alquran, memahami dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Lewat Lomba tahfiz ini, sejak dini mereka kita dorong untuk mencintai Al-Quran, mempelajari dan kemudian memahaminya. Sehingga akan semakin banyak lahir generasi gemilang yang berkarakter Al-Quran. Dengan demikian, kota ini nantinya akan dihuni oleh masyarakat yang memiliki keimanan dan ketaqwaan yang tinggi terhadap Allah SWT,” pungkas Aminullah.

Memperebutkan Piala Bergilir Wali Kota

Sementara itu, Kadisdikbud Kota Banda Aceh, Saminan menyampaikan event ini digelar dalam rangka menerjemahkan visi misi Wali Kota Banda Aceh dibidang agama.

Musabaqah tahfiz ini diikuti oleh 511 siswa SD dan SMP. Rinciannya, siswa SD yang mengikuti kegiatan ini 419 dan siswa SM 98 peserta.

“Mereka akan mengikuti empat katagori 1 juz, 2 juz, 3 juz dan 5 juz. Juara umum akan mendapatkan piala bergilir Wali Kota Banda Aceh,” kata Saminan.

Kegiatan ini berlangsung selama enam hari, dari 26 Nopember sampi dengan 1 Desember.

Katanya, ada beberapa aspek penting dilakukan dalam Musabaqah Tahfizul Quran ini. Yang pertama adalah memperbaiki akhlak anak-anak. Katanya, ketika anak-anak sudah menghafal Al-Quran maka akhlaknya sudah dijaga oleh Allah SWT.

Yang kedua, menghafal Al-Quran akan mencerdaskan otak anak.

Para peserta yang mampu menghafal Al-Quran di ajang ini akan diberikan sertifikat yang nantinya akan berguna saat mereka saat masuk sekolah, melanjutkan pendidikan ke pergurian tinggi hingga melamar pekerjaan. (Red)

x

Check Also

Seruan Bersama Forkopimda Banda Aceh Terkait Pelarangan Perayaan Malam Tahun Baru

NBA – Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM bersama segenap unsur ...