Wali Kota Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

NBA – Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti dengan mengatur pola makan, pola tidur yang baik, dan menjaga fisik melalui olahraga.

“Kalau sudah sakit, menyembuhkannya itu yang sulit. Jadi pencegahan itu lebih penting. Kesehatan yang paling utama. Jika kita sehat, semua usaha, kerja, apapun kegiatan kita dapat berjalan dengan lancar,” kata Wali Kota.

Hal tersebut disampaikan oleh wali kota dalam sambutannya saat membuka seminar sehari dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 “Banda Aceh Menuju Kota Sehat 2020”, Senin (10/12) di Hotel Hermes Palace.

Menurutnya, tantangan besar di dunia medis saat ini yakni masalah kesehatan triple burden, yaitu masih adanya penyakit infeksi, meningkatnya Penyakit Tidak Menular (PTM), dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi muncul kembali.

“Oleh karena itu, melalui seminar ini secara khusus kami mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui pendekatan keluarga guna mewujudkan Banda Aceh Menuju Kota Sehat 2020,” katanya.

Masih menurut Aminullah, dalam mewujudkan Banda Aceh Menuju Kota Sehat 2020, Pemko Banda Aceh membaginya menjadi empat tahap. “Keempat tahap itu meliputi peningkatan pembangunan infrastruktur, kesadaran masyarakat, pembangunan kolaboratif, dan inovasi layanan kesehatan yang mampu menjangkau setiap lapisan masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, sebagai daerah yang menerapkan Syariat Islam, maka pembangunan dalam bidang kesehatan juga harus berdasarkan syariah. “Pelayanan kesehatan bagi masyarakat di unit-unit layanan kesehatan mulai dari Posyandu, Puskesmas, hingga rumah sakit harus tetap dalam bingkai syariah,” pesannya.

Pada acara yang digelar oleh Dinas Kesehatan Banda Aceh ini, Wali Kota Aminullah turut menyerahkan hadiah kepada para pemenang aneka lomba HKN seperti Lomba Gampong Sehat Gemilang, Kader Posyandu Terrbaik, Posyandu Terbaik, Tenaga Kesehatan Teladan. Hadiahnya mulai dari dana pembinaan, sepeda, hingga laptop.

Sementara untuk seminar “Banda Aceh Menuju Kota Sehat 2020”, pihak panitia menghadirkan Kadinkes Padang Panjang-Sumbar Nuryanuwar, Kadinkes Banda Aceh Warqah Helmi, dan Ketua BKM Banda Aceh Amiruddin Usman Daroy sebagai narasumber utama. (Red)

x

Check Also

Wali Kota Ajak Pengusaha dan Perbankan Jalankan Ekonomi Syariah di Banda Aceh

NBA – Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM ...