Wali Kota Harapkan Masyarakat Tanam Budaya Salat Berjamaah

NBA – Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM mengharapkan masyarakat Banda Aceh menanamkan budaya salat berjamaah.

Harapan ini disampaikan Aminullah saat melaksanakan Safari Subuh bersama komunitas Safari Subuh yang Ustad Zul Arafah, Minggu (16/12) di Masjid As-Sadhaqah, Lamlagang Banda Aceh.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada komunitas komunitas yang telah memakmurkan masjid, seperti program Safari Subuh.

Meski belum sebanyak jamaah salat Jumat, suasana salat subuh di Masjid-masjid di Banda Aceh saat ini terlihat semakin bertambah. Hal ini disebabkan mulai tumbuhnya komunitas komunitas yang melakukan subuh keliling menunaikan shalat subuh berjemaah dengan masyarakat setempat.

Katanya, kegiatan ini sesuai dengan visi misi Pemko Banda Aceh dibidang agama, yakni mendorong peningkatan pengamalan syariat Islam warga kota.

“Pemko sangat mengapresiasi tumbuhnya komunitas komunitas yang meramaikan masjid saat waktu Subuh. Islam harus terus kita syiarkan,” kata Aminullah.

Katanya, safari subuh ini harus terus disosialisasikan agar masjid masjid di Banda Aceh dipenuhi oleh jamaah dan shalat berjamaah akan tertanam sebagai budaya masyarakat kota.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota kembali menegaskan bahwa Pemko dan Forkopimda Banda Aceh melarang perayaan tahun baru masehi di Banda Aceh.

“Kita telah mengeluarkan seruan bersama yang ditandatangani Forkopimda. Tidak boleh ada perayaan tahun baru di Banda Aceh. Merayakannya dengan hura hura, kembang api, terompet hingga balapan liar tidak dibenarkan,” tegas Aminullah.

Lanjutnya, siapapun yang akan melanggar akan diberi sanksi tegas, termasuk pengusaha hotel. Kalau ditemukan ada perayaan tahun baru di hotel-hotel di Banda Aceh maka sanksinya izin operasional akan dicabut. Wali Kota juga mengatakan akan melakukan razia untuk memastikan tidak ada yang menjual terompet, kembang api dan sejenisnya di Banda Aceh.

Aminullah meminta kepada jamaah ikut mensosialisasikan di lingkungannya tentang larangan tahun baru. Katanya, merayakan tahun baru masehi tidak sesuai syariat Islam.

Safari Subuh di Masjid As-Sadhaqah Lamlagang juga diisi dengan tausyiah singkat dari Al-Mukarram Tgk Mursalin Basyah Lc MA dan bertindak sebagai Imam shalat Ustad Imanuddin. Dalam ceramahnya, Tgk Mursalin Basyah mengungkapkan shalat Subuh berjamaah memiliki banyak keutamaan, diantaranya penyebab masuk surga, penghalang masuk neraka, dihitung seperti shalat semalam penuh, berada dalam jaminan Allah SWT dan disaksikan ribuan malaikat.

Program Safari Subuh ini yang diinisiasi Ustad Zul Arafah ini. Ustad Zul sendiri sangat mengapresiasi model penguatan syariat Islam di Banda Aceh dibawah kepemimpinan Aminullah-Zainal Arifin.

Katanya, program program syariat Islam yang dijalankan Pemko Banda Aceh harus terus didukung untuk memperkuat penerapan syariat Islam di ibu kota provinsi.

Tampak juga hadir bersama jamaah, Kadis Syariat Islam Kota Banda Aceh, Alizar, S.Ag, M.Hum, Kabag Keistimewaan dan Kesra Setdakota Banda Aceh, Arie Maula Kafka dan sejumlah pejabat lainnya. (Red)

x

Check Also

PDAM Tirta Daroy Tepati Janji Wali Kota Benahi Air Bersih Untuk Warga

NBA – Pemerintah Kota Banda Aceh terus melakukan berbagai macam terobosan guna ...