Wali Kota Serahkan Dana Pembinaan bagi Masjid Terbersih

NBA – Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM menyerahkan hadiah berupa dana pembinaan dan plakat kepada lima Masjid terbersih dan tertertib se-Banda Aceh.

Lomba kebersihan dan ketertiban masjid ini merupakan program Dinas Syariat Islam (DSI) Banda Aceh. Prosesi penyerahan hadiah digelar di pendopo wali kota, Jumat (30/11) malam, pada acara Tausiah dan Zikir Gemilang.

Juara pertama diraih oleh Masjid Syech Abdurrauf, Gampong Blang Oi, Kecamatan Meuraxa. Juara kedua Masjid Al-Wustha, Jeulingke, dan juara ketiga Masjid Al-A’la, Gampong Cot Masjid. Untuk ketiga masjid ini masing-masing berhak atas dana pembinaan sebesar Rp 15 juta, Rp 12,5 juta, dan Rp 10 juta.

Selanjutnya, juara harapan satu diraih oleh Masjid Al-Furqan, Gampong Beurawe, dan juara harapan dua Masjid As-Sadaqah, Gampong Lamlagang. Kedua masjid ini diberikan dana pembinaan sebesar Rp 7,5 juta dan Rp 6 juta.

Di tempat yang sama, Wali Kota juga menerima secara simbolis bantuan dari masyarakat Gampong Punge Blang Cut untuk korban gempa bumi dan tsunami di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah. Bantuan tersebut berupa dana Rp 20 juta, dan satu mobil pickup pakaian layak pakai.

Dalam sambutannya, Aminullah berharap lewat lomba kebersihan dan ketertiban masjid ini, seluruh masjid yang ada di Banda Aceh bisa lebih indah indah sehingga jemaah semakin betah berlama-lama di masjid, baik untuk beribadah maupun aktivitas kegaamaan yang lain.

“Budaya bersih harus mulai dari diri sendiri, rumah, tempat kerja, hingga masjid. Bersih itu pangkal sehat dan sebagian daripada iman,” kata wali kota.

“Apalagi kita sedang gencar-gencarnya menggenjot sektor wisata, dan kebersihan menjadi faktor yang sangat penting bagi daya tarik wisatawan. Kebersihan akan menambah value beragam destinasi wisata yang kita miliki,” katanya.

Terkait dengan donasi bagi masyarakat Sulawesi Tengah, wali kota mengatakan akan menyerahkannya bila dana yang terkumpul sudah cukup besar. “Total yang ada sekarang sudah lebih dari Rp 700 juta. Bentuk bantuannya nanti akan kita pilih apa yang paling dibutuhkan saudara-saudara di sana.”

“Apa kita bangun sebuah masjid atau apa yang lain yang terbaik untuk mereka,” kata Aminullah seraya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga kota yang telah ikut menyisihkan hartanya untuk membantu korban bencana di Sulawesi Tengah. (Red)

x

Check Also

Seruan Bersama Forkopimda Banda Aceh Terkait Pelarangan Perayaan Malam Tahun Baru

NBA – Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM bersama segenap unsur ...