Wali Kota: Jika Temukan Makanan Kedaluwarsa Segera Laporkan

NBA – Masyarakat diimbau untuk segera melaporkan kepada pihak berwenang jika menemukan obat, makanan, dan minuman kedaluwarsa atau mengandung bahan berbahaya.

“Segera laporkan kepada BPOM atau polisi. Bisa juga melalui perangkat gampong setempat,” begitu imbauan Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM pada peringatan HUT Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) yang ke-18 di area car free day, Minggu (10/2).

“Jangan tergoda untuk membeli barang yang murah tapi ternyata sudah kedaluwarsa, karena itu sangat berbahaya bagi kesehatan. Akibatnya kita harus mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk berobat,” katanya.

Ia juga mengungkapkan terima kasih kepada BBPOM Banda Aceh yang selama ini telah bersama-sama penerintah untuk terus mengawasi peredaran obat dan makanan tak layak konsumsi di tengah-tengah masyarakat.

“Sosialisasi terus kita lakukan agar masyarakat benar-benar paham mana makanan yang layak konsumsi. Selain itu, razia pasar juga rutin kita gelar bersama BBPOM dan pihak terkait untuk memastikan kesehatan warga,” katanya seraya berharap peran pihak penjual untuk ikut melaporkan barang kedaluwarsa.

Kapolresta Banda Aceh Trisno Riyanto turut menyampaikan sambutan singkat pada acara tersebut. Menurutnya, masih banyak masyarakat yang tidak memperhatikan tanggal expired saat membeli suatu produk makanan.

“Untuk itu, pada momen berharga ini saya ingin mengajak seluruh warga kota untuk menjadi konsumen yang cerdas agar terhindar dari akibat fatal mengonsumsi makanan kedaluwarsa. Cek labelnya dan pastikan tidak mengandung bahan berbahaya,” katanya sembari menegaskan adanya sanksi hukum bagi pedagang yang dengan sengaja menjual barang kedaluwarsa.

Di tempat yang sama, Kepala BBPOM Banda Aceh Zulkifli mengatakan peringatan HUT BBPOM ke-18 tahun ini digelar secara serentak di seluruh Indonesia. “Rangkaian kegiatannya antara lain senam bersama, jalan santai, lomba mewarnai bagi anak-anak, dan uji lab kosmetik gratis.”

Pada kesempatan itu, Wali Kota Aminullah turut melepas bendera start jalan santai yang diikuti oleh ribuan peserta. Untuk lebih menyemarakkan suasana, panitia menyediakan beragam doorprize menarik bagi peserta yang beruntung.

Di antara tamu undangan terlihat hadir Kapolresta Banda Aceh Trisno Riyanto, Wakil Wali Kota Zainal Arifin, Sekdako Bahagia, Ketua PKK Nurmiaty AR, dan sejumlah pejabat lainnya. (Red)

x

Check Also

Persiraja Terima Lamaran 11 Pelatih

NBA – Pasca manajemen Persiraja menggelar pertemuan terbatas bersama tokoh sepakbola Aceh, ...