Fenomena Halo Matahari Terlihat Jelas di Banda Aceh

NBA – Fenomena Halo Matahari terlihat jelas di langit Banda Aceh. Fenomena pelangi yang mengelilingi matahari itupun, sempat disaksikan beberapa warga, yang langsung merekam peristiwa itu.

Pantauan VIVA, Halo Matahari muncul sekitar pukul 11:30 siang. Kemudian, fenomena itu menghilang sekitar pukul 12.30 Wib, karena terselimuti awan hitam.

Kepala Seksi Informasi dan Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh, Zakaria mengatakan, pada dasarnya fenomena tersebut hal yang biasa. Dan, tidak ada sangkut pautnya dengan musim.

Zakaria menjelaskan, fenomena itu merupakan meteorologi lingkaran yang berwarna seperti pelangi dan dinamakan Halo atau Icebow.

“Halo atau Icebow adalah fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari atau kadang juga bisa terjadi di sekitar bulan,” kata Zakaria, saat dikonfirmasi, Selasa 12 Maret 2019.

Fenomena Halo Matahari ini, kata dia, timbul karena adanya awan tinggi yang sangat dingin berupa kristal es, yaitu awan cirrus yang tumbuh tegak lurus dengan matahari. Ketinggian awan cirrus (cirrostratus) secara umum berkisar antara 5 -10 km di lapisan atas atmosfer.

Kristal es itu terjadi pembiasan dari permukaan es yang berbentuk batang atau atau prisma. Maka, sinar matahari menjadi terpecah menjadi beberapa warna seperti pelangi.

“Jadi, itu bukan suatu hal yang aneh dan kami berharap kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya apabila Halo ini, dikait-kaitkan dengan keadaan tertentu,” sebutnya. (asp/viva)

x

Check Also

PDAM Tirta Daroy Tepati Janji Wali Kota Benahi Air Bersih Untuk Warga

NBA – Pemerintah Kota Banda Aceh terus melakukan berbagai macam terobosan guna ...