Direktur Utama PT. LKMS Mahirah Muamalah, T. Hanansyah, SE. Ak, Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM, Direktur LKMS Mahirah Muamalah, Mufied Al-Kamal, SE, S.Sos.I.

Wali Kota: LKMS Mahirah Muamalah Solusi Putuskan Mata Rantai Rentenir

NBA- Akses keuangan di Gampong – gampong, dalam hal ini terkait bantuan modal usaha masih minim, dan kelemahan ini sering kali di manfaatkan oleh rentenir. Kata Direktur Utama PT LKMS Mahirah Muamalah, T. Hanansyah, SE. Ak.

“Rentenir pola awalnya mudah, tapi mengikat dan sangat sulit keluar dari jeratannya, berbunga perbulan 30-40% dan jika tdk mampu bayar akan didenda 10%. Ini adalah Riba Jahiliyah yang harus hilang dari Kota Banda Aceh. Ujar Hanansyah dalam kegiatan Sosialisasi Management Resiko yang diselenggarakan Di Gedung Mahirah Lantai 2 Simpang 5 Banda Aceh, (13/4).

Melihat persoalan tersebut, Pemerintah Kota Banda Aceh dibawah Kepemimpinan H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM dan Drs. H. Zainal Arifin, membangun Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) agar masyarakat dapat mengakses modal usaha pada Lembaga yang telah di bentuk ini mulai dari Rp.50 ribu s/d Rp.5 juta, untuk modal usaha Mikro yang berpendapatan rendah. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM saat dihubungi NBA.

“Dengan begitu Wali Kota berharap melalui LKMS Mahirah Muamalah ini akan menjadi solusi akses pembiayaan buat masyarakat kecil agar terhindar dari rentenir, termasuk sebagai inkubator dalam mempersiapkan nasabah mengakses sektor lembaga keuangan Formal.” Terang Aminullah Usman.

Lanjut Wali Kota, sebagaimana diketahui LKMS Mahirah Muamalah adalah lembaga keuangan mikro syariah yang fokus pada pembiayaan dan pendampingan bagi masyarakat kecil. Tutup Wali Kota yang juga sebagai Wali Kota Entrepreneur 2018. (AD)

x

Check Also

Wali Kota Ajak Warga Bangkitkan Budaya Hidup Bersih, Jemaah MPG Diharapkan Jadi Pelopor

NBA – Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM ...