Wali Kota Minta Pengajian Muslimat MPU Digelar di Seluruh Gampong

NBA – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman membuka secara resmi Pengajian Muslimat Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Banda Aceh. Kegiatan ini dibuka Aminullah, Senin (15/4) di Masjid Al Hidayah, Peurada.

Turut hadir pada acara ini, Wakil Wali Kota, Zainal Arifin, Kadisdik Dayah Kota, Tgk Tarmizi, Camat Syiah Kuala, Aulia R Dahlan, Keuchik Peurada, Marzuki Ibrahim dan sejumlah Keuchik di wilayah Kecamatan Syiah Kuala. Hadir juga para tokoh masyarakat gampong setempat.

Wali Kota sendiri sangat mengapresiasi dihidupkannya kembali kegiatan Pengajian Muslimat MPU Kota. Menurutnya, kegiatan ini sejalan dengan visi misi Pemko Banda Aceh Gemilang dalam Syariah yang salah-satu prioritas pembangunannya dibidang agama.

Wali Kota memastikan, Pemko Banda Aceh mendukung penuh kegiatan tersebut. Bahkan Aminullah meminta Pengajian Muslimat MPU dapat digelar diseluruh gampong dalam wilayah Kota Banda Aceh. 

“Kita harap pengajian ini hadir di seluruh Gampong, jangan hanya empat gampong saja. Pemko mendukung penuh kegiatan ini. Kalau dirasakan anggarannya kurang nanti bisa diusulkan kembali untuk ditambah,” kata Aminullah.

Menurut Wali Kota, semakin banyak majelis pengajian maka akan semakin banyak dakwah yang bisa disampaikan ke masyarakat dengan harapan dapat terus memperkuat pemahaman nilai-nilai keislaman.

“Saat Kepala BNN datang ke Banda Aceh kemarin, beliau mengapresiasi karena sangat sedikit kasus narkoba disini. Tidak sama dengan daerah lain. Kemudian Saya jelaskan itu dampak positif dari banyaknya kegiatan keagamaan seperti pengajian dan zikir di seluruh Banda Aceh,” ungkap Aminullah.

Kepada pihak MPU, Wali Kota juga mengatakan dirinya membuka kesempatan pengajian tersebut dapat digelar di pendopo.

“Zikir sudah kita gelar di pendopo, sesekali pengajian muslimat MPU juga bisa digelar dipendopo. Dan ajak jemaah lebih banyak,” pinta Aminullah.

Ketua MPU Kota Banda Aceh, Tgk Damanhuri Basyir menyampaikan meski usia kepengurusan MPU Kota baru 29 hari, pihaknya terus berupaya dapat menjalankan program-program, salah-satunya Pengajian Muslimat MPU dengan langkah pertama memilih empat gampong binaan.

Lembaga pengajian ini digerakkan oleh para istri anggota MPU dan istri pegawai Sekretariat MPU Kota.

“Kita sudah hubungi empat gampong melalui Keuchik dan para Camat untuk gampong binaan. Pembukaannya dilakukan di Masjid Al-Hidayah Peurada ini,” ungkap Tgk Damanhuri.

Laporan dari Ketua Panitia Pengajian, Syarifah Mawaddah, pengajian akan dilakukan hingga 44 kali pertemuan. Ada empat gampong binaan yang akan digelar kegiatan ini, yakni Gampong Pie (Kecamatan Meuraxa), Lamjame (Kecamatan Jaya Baru), Ie Masen (Kecamatan Ulee Kareng) dan Peurada (Kecamatan Syiah Kuala).

Materi yang akan diajarkan dalam pengajian mulai dari aqidah, akhlak tasawuf, pembinaan rumah tangga, fiqih, kebersihan hingga ekonomi Islam. (Red)

x

Check Also

Dibuka Wakil Wali Kota, MTR di Lambhuk Diikuti 571 Peserta

NBA – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Remaja Masjid dan BKM ...