Buka Kegiatan Pemberdayaan UMKM, Wali Kota: Kelihaian Pemasaran Itu Perlu

NBA – Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM membuka secara resmi acara Pemberdayaan Pelaku Usaha Kecil Menengah Untuk Pemasaran Produk, Selasa (30/4) di Gedung C, komplek Balaikota. Aminullah mengharapkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mampu meningkatkan kualitas pemasaran.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua Dekranasda, Hj Nurmiaty AR, Wakil Ketua Dekranasda, Hj Fauziah, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Bachtiar, Dirut LKMS Mahirah Muamalah, T Hanansyah, Kadis Koperasi dan UKM, Iwan, Kadis Tenaga Kerja, Sofyanuddin, Direktur Alfamart Coorporate Affair Banda Aceh, Solihin, Branch Manager Alfamart Sumut di Aceh, Nurcahyo dan para peserta perwakilan dari UMKM se-Kota Banda Aceh.

Pemerintah Kota Banda Aceh berkomitmen terus meningkatkan pemasaran produk UMKM, memberi pelatihan-pelatihan skill dan upaya-upaya sebagainya guna menekan angka kemiskinan, serta menciptakan peluan kerja baru untuk meminimalisir angka pengangguran di Banda Aceh.

Seminar yang digelar oleh pihak Alfamart, yang berkoordinasi dengan Dinas terkait dan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Mahirah Muamalah itu, mendapat apresiasi dari Wali Kota.

“Kelihaian dalam pemasaran itu perlu, kita harapkan dengan acara ini mampu memberikan ilmu yang dapat membantu para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya dengan mudah,” ujar Aminullah.

Aminullah juga meminta pihak Alfamart untuk dapat menampung hasil produk-produk dari UMKM yang ada di Banda Aceh. “Gerai-gerai Alfamart, jika sudah masuk standar kualitas, kita harapkan bisa ditampung ditempatnya,” pinta Aminullah.

Kepada para pelaku usaha juga, wali kota mengatakan akan mengadakan sayembara Piala Wali Kota terhadap produk-produk UMKM, hal tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas dari hasil sebuah produk.

“Baru-baru ini ketika saya membuka pasar murah di dekat Masjid Raya, saya menawarkan sebuah lomba kepada para pelaku UMKM, yaitu Piala Wali Kota. Dimana yang dinilai itu kualitas rasa, tampilan menarik, dan tentu saja jangkauan pasarnya juga harus menjadi hal utama,” ungkap Aminullah.

Menurutnya, dengan diadakannya kegiatan tersebut maka dapat memacu kualitas produk dari UMKM, sehingga mempunyai nilai untuk dapat dipasarkan.

Sebagai solusi pemodalan biaya usaha, Aminullah mengatakan Pemko telah menganggarkan LKMS Mahirah Muamalah, khususnya bagi pelaku usaha kecil.

Sebagai bentuk kerjasama, pihak Alfamart menyerahkan bantuan berupa 10 unit mesin jahit. Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Direktur Coorporate Affair Alfamart, Solihin kepada Ketua Dekranasda, Hj Nurmiaty Ar dan disaksikan langsung oleh Wali Kota. (Red)

x

Check Also

Wali Kota Ajak Pengusaha dan Perbankan Jalankan Ekonomi Syariah di Banda Aceh

NBA – Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM ...