Wali Kota: Dialog Dakwah Ramadhan Sarana Memperdalam Pengetahuan Islam

NBA – Dialog Dakwah Ramadhan telah dilangsungkan selama lima kali selama bulan puasa. Pemko Banda Aceh melalui Dinas Syariat Islam (DSI) Kota menghadirkan ustad-ustad kondang mengisi kegiatan kajian Islam ini.

Kamis (23/5), menjadi kesempatan terakhir kegiatan ini digelar di Aula Lantai IV, Gedung Mawardy Nurdin, Balai Kota Banda Aceh.

Kegiatan ini resmi ditutup Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman. Hadir juga Wakil Wali Kota, Zainal Arifin dan Kadis Syariat Islam, Alizar Usman serta Ustad Ridwan dan sejumlah pejabat jajaran Dinas Syariat Islam kota.

Pada penutupan Dialog Dakwah Ramadhan kali ini menjadi spesial karena kedatangan Syeikh Asad Al-Din Imtan Ayoub Al-Ayoubi dari Palestina.

Wali Kota berharap lewat dialog dakwah Ramadhan ini akan memberikan kesempatan kepada warga kota memperdalam pengetahuan agama Islam.

Aminullah mengatakan, dialog yang digelar selama Ramadhan juga menjadi ladang ibadah bagi jamaahnya. 

“Kita berharap lewat kegiatan ini semakin menambah pengetahuan, keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” harapnya.

Selama Ramadhan, Pemko telah menggelar kegiatan ini selama lima kali dengan tema yang berbeda-beda. Dari lima kali pertemuan, panitia menghadirkan penceramah-penceramah kondang, seperti Wakil Ketua MPU Provinsi, Tgk Faisal Ali, Prof DR Syahrizal Abbas, Kadis Syariat Islam Kota, Tgk Alizar Usman, DR Fauzi Saleh MA dan Ustad Mursalin Basyah Lc, MA.

Pada dialog dakwah terakhir ini, Ustad Mursalin Basyah membahas strategi membangun generasi muda Islam. Katanya, perlu strategi khusus baik dari orang tua maupun pihak-pihak lain dalam mendidik generasi saat ini, generasi yang sering disebut generasi millennials. Generasi ini sangat kritis dan menguasai tekhnologi.

Para orang tua diminta melek dan menguasai tekhnologi sehingga mampu memberikan pendidikan dan bimbingan kepada anak-anaknya yang merupakan generasi digital.

Pada kesempatan ini, Wali Kota mengajak warga ikut membantu saudara seiman di Palestina yang sedang berjuang melawan zionis Israel.

Aminullah mengajak warga Banda Aceh menyumbang rezekinya membantu dana untuk pembangunan Gaza yang terdampak serangan Israel. Hampir seluruh sendi kehidupan di Palestina rusak, mulai dari sisi ekonomi, infrastruktur hingga sarana pendidikan.

“Donasi kita sangat bermanfaat bagi saudara-saudara seiman kita di Palestina. Sedekahkanlah harta yang kita miliki semampu kita, seikhlas kita,” imbau Aminullah.

Wali Kota sendiri dalam kesempatan ini langsung menyerahkan sumbangannya untuk Palestina kepada Syeikh Asad Al-Din Imtan Ayoub Al-Ayoubi. 

Aminullah berharap, warga muslim Palestina diberi kekuatan dan kesabaran oleh Allah SWT menghadapi Israel dan mempertahankan Masjidil Aqsa.

Sementara itu, Syeikh Asad Al-Din Imtan Ayoub Al-Ayoubi berkesempatan menceritakan kondisi terkini Gaza kepada jamaah Dialog Dakwah Ramadhan.

Katanya, banyak korban nyawa akibat serangan brutal Zionis Israel. Banyak anak yang kehilangan Ayah, istri kehilangan suami akibat perang.

Kondisi ini juga menyebabkan warga Palestina berkutat dengan kemiskinan karena perekonomian hancur.

“Saat ini 95 % kaum perempuan di Gaza menjadi miskin. Kami berencana akan mengumpulkan dana untuk membelikan mereka mesin jahit sehingga bisa berdaya,” ujarnya.

Di akhir kegiatan ini, Wali Kota dan Syeikh Asad Al-Din Imtan Ayoub Al-Ayoubi saling tukar cindera mata. (Red)

x

Check Also

Kontingen Banda Aceh Pukau Ribuan Penonton Pawai Budaya JKPI

NBA, Karangasem – Kontingen Kota Banda Aceh yang menampilkan tarian Rapai Geleng ...