Aminullah Ulas Kriteria Pemimpin Terbaik Saat Safari Subuh

NBA – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman memberikan ulasan sekilas tentang kriteria pemimpin, Minggu (30/6) pagi, di Masjid Tgk Di Anjong, Peulanggahan, Kecamatan Kutaraja.

Kegiatan shalat subuh berjamaah dan tausiah itu juga dihadiri Wakil Wali Kota, Zainal Arifin, Kasdam Iskandar Muda, Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, Kapolresta Banda Aceh, Kombespol Trisno Riyanto, Tgk Zul Arafah serta jajaran perangkat Gampong Peulanggahan.

Dalam sambutannya, Aminullah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Tgk Zul selaku pimpinan Majelis Arafah yang telah menggiatkan acara safari subuh saban minggu itu.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Majelis Arafah, khususnya Tgk Zul dan juga semua pihak yang telah terlibat ikut turut mewujudkan visi misi kita, untuk menegakkan syariat Islam di kota ini,” kata Aminullah.

Membawa tema kepemimpinan, Aminullah sedikit mengulas ciri-ciri dari seorang pemimpin. Ia mengatakan, pemimpin yang baik itu ialah yang mampu memberi keteladanan orang yang dipimpinnya.

“Pemimpin yang baik punya kriteria jujur, punya iman yang kuat dan mampu mengayomi ke arah yang lebih baik,” ungkap Aminullah.

Ia menilai, setiap pemimpin itu harus mampu membawa perubahan yang baik bagi setiap bagian yang dipimpin. 

“Seperti di kota ini, seorang pemimpin harus mampu menegakkan syariat Islam dengan baik, dimana kita hidup dalam aturan syariat Islam disini,” terangnya.

Ia juga mengatakan, untuk menentukan pemimpin yang baik itu dapat dilihat dari relasi dan hubungannya dengan sesama. 

“Pemimpin yang kita pilih itu harus punya sinergritas dan koneksivitas yang luas, untuk membangun suatu daerah itu harus punya jaringan yang luas.”

“Yang paling penting adalah ia dapat menjalankan visi dan misi, dengan dukungan dari seluruh anggotanya,” tambahnya.

Aminullah juga menguraikan berbagai macam jenis pemimpin, seperti pemimpin yang demokratis, karismatik dan berbasis militer dan ada juga yang otoriter.

“Intinya semua harus didasari pada keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” pungkas Wali Kota Aminullah.

Usai sambutan, acara berlanjut dengan Tausiah yang disampaikan oleh Ustadz DR Fahmi Sofyan Lc MA. (Red)

x

Check Also

MPG Banda Aceh Gelar Tausiah dan Zikir Gemilang di Masjid Baiturrahim

NBA – Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Majelis Pengajian dan Zikir Gemilang ...