Ustad Jumaris, S.Ag

Dua Tahun Aminullah-Zainal, Zikir Semakin Menggema di Kota Gemilang

Oleh: Ustad Jumaris, S.Ag

NBA – Alhamdu lillahi rabbil ‘alamin, begitulah ungkapan rasa syukur dan bahagia yang terdengar dari para Jamaah Pengajian dan Zikir Gemilang yang baru saja selesai berzikir dan berdoa bersama di Pendopo Wali Kota Banda Aceh, dalam zikir Gemilang yang baru saja dilaksanakan di malam Sabtu akhir Juni 2019 yang lalu, di Pendopo Wali Kota Banda Aceh.

Kata-kata syukur itu, diucapkan secara tulus dan ikhlas dengan rona wajah yang ceria dan bibir yang tersenyum sumringah indah serta penuh kepuasan setelah beribadah kepada Allah SWT, melalui zikir. Dan yang hebatnya lagi, dilaksanakan di rumah dinas Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM.

Ya, Aminullah telah merubah “Meuligoe Wali Kota” dari hanya sekedar rumah dinas tempat dirinya tinggal selama menjadi Wali Kota Banda Aceh, menjadi Gedung tempat umat beribadah kepada Allah SWT dan juga menjadi wadah tempat rakyat bersilaturrahim dengan Pemimpinnya. Hebatnya lagi, situasi ini hanya ada di Kota Banda Aceh sejak dimasa Kepemimpinan Wali kota, Aminullah Usman dan Wakil Wali Kota Zainal Arifin.

Di sini, di pendopo Wali Kota, terjalin sebuah silaturrahmi timbal balik yang penuh dengan makna, antara pemimpin dan rakyatnya. Jamaah dengan penuh antusias selalu dapat menyampaikan saran, masukan dan harapan kepada Wali kota tanpa jarak dan spasi sedikitpun.

Indahnya lagi, Wali Kota melayani dan menyambutnya dengan penuh keikhlasan dan kelembutan, sehingga semua jamaah merasa nyaman dan terlayani dengan baik dan sepenuh hati.

Sejak di luncurkan atau diresmikan pertama sekali oleh H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM, pada 07 September 2017 di Pendopo Wali Kota, dengan nama Kegiatan Zikir dan Tausiyah Gemilang Rutin, serta Majelis Zikir dan Pengajian Gemilang (MPG) Kota Banda Aceh, sebagai Pelaksananya. Maka sejak itu pula aktivitas zikir terus menggema seantero Banda Aceh.

Setiap malam Sabtu, lantunan zikir selalu menggema di Pendopo Wali Kota Banda Aceh, dengan konsep, pimpinan zikir dan yang menyampaikan tausiyah adalah Majelis Zikir yang ada di Kota Banda Aceh, dan Pimpinan-pimpinan Dayah, Cendikiawan, Akademisi, Pimpinan lembaga dan Tokoh-tokoh masyarakat Kota Banda Aceh, sebagai pentausiyah secara rutin dan bergilir.

Ada Majelis Zikrullah Aceh (MZA), Majelis Zikir Rateeb Siribee, Majelis Zikir Mujiburrahman Aceh, Majelis Zikir Zawiyah Nurun Nabi Aceh, Majelis Zikir Arafah serta Majelis-majelis zikir dayah yang ada di Kota Banda Aceh, terus menerus diundang oleh MPG untuk memimpin zikir di Pendopo Wali Kota.

Sedangkan penceramah yang menyampaikan tausiyah di acara Zikir Gemilang rutin, selalu secara bergantian diundang dari pimpinan pimpinan Dayah, ada juga akademisi, pimpinan lembaga, seperti Lembaga kesehatan, Lembaga BNN, Kepemudaan, dan bahkan sampai ke Penyandang distabilitas pun diundang dan terlibat langsung untuk menyampaikan tausiyah sesuai dengan bidang dan kemampuannya masing-masing.

Luar biasanya lagi, seluruh tamu yang berhadir disambut langsung oleh Wali Kota Banda Aceh, dan dapat duduk bersanding bahu dengan beliau.

Alhamdulillah, setelah dua tahun perjalanan Pemerintahan Amin-Zainal di Kota Gemilang ini, gema zikir terus berkesinambungan. Setiap malam Senin ada Zikir Rateeb Siribee di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, malam selasa bersama Majelis Zikir Zawiyah Nurun Nabi di Masjid Raya, malam Rabu bersama Majelis Zikir Mujiburrahman, malam Jumat bersama MZA di Masjid Raya, dan Majelis Zikir Arafah di Neusu Banda Aceh, serta tentunya setiap malam sabtu di Pendopo Wali Kota Banda Aceh bersama Majelis Zikir dan Pengajian Gemilang.

Dan sejak Awal tahun 2019, tepatnya 18 Januari 2019, Zikir Gemilang ini sudah mulai kita laksanakan di Masjid-masjid, dan kita mulai dari Masjid di Kecamatan, dan Insya Allah akan terus diperluas sampai ke seluruh Masjid di dalam Kota Banda Aceh.

Insya Allah, sesuai cita-cita Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM dan Wakil Wali Kota, Drs. H. Zainal Arifin, yaitu menjadikan Banda Aceh sebagai Kota Zikir, akan dapat segera terwujud. Aamiin ya Rabbal’alamin.

Penulis merupakan Ketua Umum Majelis Pengajian dan Zikir Gemilang (MPG) Kota Banda Aceh.

x

Check Also

Wali Kota: MoU BNNK Banda Aceh dan Lapas Perkuat Pencegahan Peredaran Narkoba

NBA – BNN Kota Banda Aceh dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA ...