Lhong Raya Banda Aceh Juara Lomba Gampong Se-Aceh

NBA, Bener Meriah – Masyarakat Banda Aceh patut berbangga atas prestasi yang diraih Gampong Lhong Raya. Gampong yang terletak di Kecamatan Banda Raya itu ditetapkan sebagai juara pertama Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh tahun 2019.

Kepastian Banda Raya sebagai juara I Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh diumumkan pada penutupan kegiatan Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (PIPMG) Aceh tahun 2019, Sabtu (13/7) di Lapangan Umah Pintu Ruang Kampung Bale Atu, Bener Meriah.

Terpilihnya Gampong (Desa) Lhong Raya, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh mendapat sambutan meriah dan penghargaan dari Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dan para Bupati/Wali Kota yang hadir. Atas pencapaian itu, Lhong Raya berhak membawa pulang hadiah utama senilai Rp 100 juta.

Informasi dari Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Dwi Putrasyah, selain lomba gampong, ada dua penghargaan lainnya yang diraih Banda Aceh, yakni juara II stand TTG dan juara I bidang inovasi pengembangan teknologi. Seluruhnya ada tiga penghargaan yang diborong Banda Aceh pada event tersebut.

“Sudah sekian lama belum mendapatkan prestasi pada bidang ini. Namun hari ini, dibawah kepemimpinan Aminullah-Zainal kita kembali meraih juara ini,” ungkap Dwi yang juga selaku ketua rombongan stand.

Untuk langkah selanjutnya, sebut Dwi Putrasyah, pihaknya sudah mengirim data-data beserta semua bahan untuk diklarifikasi oleh pemerintah pusat. 

“Dan kita berharap kita bisa masuk ke tingkat Nasional,” harapnya.

Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM didampingi Ketua TP PKK Kota, Hj Nurmiaty AR menyampaikan apresiasi dan ungkapan terimakasihnya kepada masyarakat Kota Banda Aceh. Dengan partisipasi warga kota, Banda Aceh telah mengukir prestasi dan meraih juara di tiga katagori.

“Dari 6497 gampong (Desa) yang ada diseluruh Aceh, Alhamdulillah Lhong Raya menjadi yang terbaik dan penghargaan kembali ke Banda Aceh,” ujarnya.

Aminullah juga menyampaikan, yang ditampilkan dalam lomba ini adalah teknologi tetap guna unggulan, ada pula inovasi unggulan, seperti alat produksi minyak nabati multi umpan yang kemudian Banda Aceh juga mendapatkan juara satu. 

“Ini semua adalah miliknya masyarakat Banda Aceh. Dan semua juara itu nantinya akan ditampilkan di Bengkulu, pada tingkatan Nasional,” kata Aminullah.

Kedepannya, dalam upaya mempertahankan prestasi ini, Aminullah mengatakan bahwa Pemko melalui Dinas terkait akan terus melakukan pembinaan dan bimbingan kepada setiap masyarakat yang memiliki kemampuan dan inovasi dalam perkembangan gampong.

“Sekali lagi, kita berikan beri apresiasi untuk Gampong Lhong Raya, sebagai salah-satu gampong yang punya kontribusi tinggi dalam memajukan kota Banda Aceh,” tutup Aminullah.

Berikut ini tiga prestasi Kota Banda Aceh dalam bidangnya masing-masing yang mendapat nominasi finalis pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2019:

Desa Lhong Raya sebagai juara I, dalam bidang lomba Gampong se-Aceh. Membawa pulang hadiah dana yang diperuntukkan bagi dana desa senilai Rp 100 juta rupiah. Hadiah tersebut diserahkan langsung oleh Plt Gubernur Nova Iriansyah kepada Keuchik Lhong Raya, Zulfikar SE didampingi langsung oleh Wali Kota Aminullah Usman.

Stand TTG Kota Banda Aceh mendapat juara II, berhasil membawa pulang hadiah uang tunai senilai Rp 9 juta rupiah.

Terakhir, juara I di bidang inovasi pengembangan teknologi, yakni alat produksi minyak nabati multi umpan. Membawa pulang hadiah uang tunai senilai Rp 15 juta rupiah.

Semuanya nantinya akan diikutkan sertakan pada lomba desa tingkat nasional, yang akan dilaksanakan Agustus 2019 di Jakarta. (Red)

x

Check Also

Wali Kota Ajak Warga Bangkitkan Budaya Hidup Bersih, Jemaah MPG Diharapkan Jadi Pelopor

NBA – Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM ...