Bina Karakter Pelajar, TP-PKK Banda Aceh Saweu Sikula

NBA – Tim Penggerak PKK Banda Aceh mengadakan kegiatan “Saweu Sikula” (Kunjungi Sekolah). Program ini merupakan program Kelompok Kerja (Pokja) I yang mengusung tema “Membina Karakter Islami guna Menuju Generasi Gemilang dalam Bingkai Syariah.” 

Dipimpin oleh Wakil Ketua TP PKK Banda Aceh, Hj Fauziah, dalam kesempatan ini SMPN 14 Banda Aceh menjadi sekolah pertama yang terpilih untuk dijadikan sasaran pembinaan karakter bagi pelajarnya. Kegiatan berlangsung di sekolah setempat yang berlokasi di Gampong Panteirik, Lueng Bata Banda Aceh, Rabu (18/9).

Dalam kegiatan ini para pelajar SMPN 14 tidak hanya diajarkan untuk mengasah pengetahuan umum, akan tetapi juga diberikan pengetahuan tentang agama Islam. 

Mewakili Ketua TP-PKK Banda Aceh, Hj Fauziah mengatakan ingin sekali melihat anak-anak di Banda Aceh menjadi anak-anak yang memiliki karakter yang bermartabat dan juga terus meningkatkan pengetahuan.

“Saya ingin sekali dengan program kerja yang dilakukan Ibu-ibu PKK Banda Aceh mampu menjadikan anak-anak memiliki karakter yang bermartabat dan dapat memotivasi anak-anak agar terus meningkatkan pengetahuan,” ujarnya. 

Wakil Ketua TP PKK Banda Aceh, Hj Fauziah

Fauziah mengatakan jika hal tersebut dapat kita lakukan di zaman yang serba canggih ini, maka program kerja PKK Kota Banda Aceh berhasil, dan tentunya juga PKK berhasil mendukung visi dan misi Pemerintah Kota Banda Aceh. 

“Jika karakter anak dapat kita bentuk dengan baik dan juga anak-anak di Banda Aceh memiliki pengetahuan yang tinggi baik dibidang agama atau lainnya, maka kita PKK telah berhasil melaksanakan program kita dan tentunya itu mendukung visi misi Kota Banda Aceh yaitu “gemilang dalam bingkai syariah”,” ujarnya lagi. 

Setelah mendapatkan pengetahuan agama oleh Ustadz Jumaris, S.Ag para pelajar diminta menjawab sejunlah soal untuk melihat pengetahuan mereka. Kegiatan ini mengundang antusias tinggi dari pelajar sekolah tersebut, dan TP PKK menyediakan hadiah untuk mereka.

Kepala SMP 14 mengatakan peserta didik di sekolah yang dipimpnnya memang tidak sebanyak disekolah-sekolah lainnya, akan tetapi mereka patuh dan mentaati semua apa yang diwajibkan dan apa yang dilarang oleh agama dan negaranya. 

“Jumlah murid disini lebih kurang hanya 140 murid, tidak sebanyak disekolah lain mungkin, akan tetapi Alhamdulillah mereka mampu mengerjakan shalat berjamaah di masjid setiap Zuhur dan Ashar, dan saya pastikan anak-anak ini adalah anak-anak yang jauh dari narkoba,” ujarnya. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ibu Sekda Buraida Bahagia yang juga merupaka Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Banda Aceh, Ketua Gerakan Generasi Anti Narkoba (GERGANA) Aceh, M Zidan Al Hafidh Aminullah yang merupakan putra dari Bapak Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman. 

Kegiatan Saweu Sikula ini akan berlangsung selama dua hari, dimulai dari SMP 14 Banda Aceh dan besok di SMP 11 Lamjabat Banda Aceh. (Red)

x

Check Also

Wali Kota: MoU BNNK Banda Aceh dan Lapas Perkuat Pencegahan Peredaran Narkoba

NBA – BNN Kota Banda Aceh dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA ...