Tekad Aminullah Bawa Banda Aceh Jadi Barometer di Bidang Kearsipan

NBA – Lewat penerapan e-Arsip atau Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD), Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman bertekad untuk menjadikan Banda Aceh sebagai barometer penyelenggaraan kearsipan di Aceh.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka Pelatihan, Pedampingan, dan Penyerahan e-Arsip di lingkungan Pemko Banda Aceh, Selasa (10/10), di Balee Keurukon, Kompleks Balai Kota Banda Aceh.

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Banda Aceh dan difasilitasi langsung oleh kantor Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) itu digelar selama dua hari hingga Rabu (11/10) besok.

Dirinya berharap melalui penerapan aplikasi e-Arsip, tatakelola kearsipan di Banda Aceh dapat dibenahi dan ditingkatkan secara optimal. “Pengelolaan kearsipan yang tepat dan benar tentunya memberikan dampak positif terhadap Pemko Banda Aceh.”

Apalagi menurutnya, penerapan e-arsip memiliki banyak keuntungan di antaranya terjamin terekamnya informasi arsip, kemudahan akses, kecepatan penyajian, keamanan akses arsip dari pihak yang tidak berkepentingan, dan ebagai fasilitas backup arsip-arsip vital.

“Tekad saya, lewat e-Arsip Pemko Banda Aceh dapat menjadi barometer atau role model dalam hal penyelenggaraan kearsipannya di Aceh. Karena soal arsip ini sangat penting. Arsip melindungi kita selaku penyelenggara pemerintah dan menjauhkan kita permasalahan di kemudian hari,” katanya.

Ia juga mengharapkan pihak ANRI untuk dapat terus membantu, membimbing, dan mengarahkan implementasi e-Arsip agar dapat berjalan sukses di Banda Aceh. “Pada kesempatan ini, kami juga memohon bantuan pembangunan kantor arsip yang representatif kepada ANRI, agar Banda Aceh benar-benar dapat menjadi role model kearsipan di Aceh,” pungkasnya.

Sementara itu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Banda Aceh Alimsyah mengatakan, penerapan e-Asip atau SIKD merupakan tonggak bersejarah dalam pembenahan tatakelola kearsiapn di Banda Aceh.

“Adapun pelatihan yang diikuti oleh 88 peserta ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pegawai dalam bidang kearsipan, terutama terkait peralihan sistem dari konvensional ke yang berbasis TIK. Harapannya dapat membangun sitem kerasipan yang cepat, tepat, dan user friendly,” katanya.

Penyerahan aplikasi e-Arsip sendiri ditandai dengan penandatanganan dokumen berita acara serah terima oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dan Kasubdit Daerah IIC ANRI R Hanapi Mulyadi. Prosesi itu turut disaksikan oleh para Kepala SKPK dan pejabat terkait lainnya. (Red)

x

Check Also

Wali Kota Ajak Warga Bangkitkan Budaya Hidup Bersih, Jemaah MPG Diharapkan Jadi Pelopor

NBA – Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM ...