Foto bersama, Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM (tengah), bersama Keuchik Gampong Punge Ujong, Ali Akbar bersama istri (Kanan) dan Wakil Ketua DPRK Banda Aceh, Usman, SE, (kiri) serta Camat Meuraxa, Ardiansyah bersama istri.

Wali Kota Minta Keuchik Tanamkan Budaya Hidup Bersih di Gampong

NBA – Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM menginstruksikan seluruh kepala desa atau keuchik untuk menanamkan budaya hidup bersih di gampongnya masing-masing.

Soal kebersihan gampong harus menjadi perhatian utama seorang keuchik. “Tanamkan budaya hidup bersih di tengah-tengah masyarakat. Jika gampong bersih, warganya sehat dan hidupnya juga nyaman,” katanya.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota pada acara pelantikan Ali Akbar sebagai Keuchik Punge Ujong, Kecamatan Meuraxa, periode 2019-2025 di Masjid Miftahul Jannah gampong setempat, Rabu (25/9).

Menurutnya, jika semua elemen kota terutama gampong sebagai ujung tombak pembangunan sudah bergerak, maka mewujudkan Banda Aceh bersih, indah, dan asri akan lebih mudah. “Dan insyaallah Piala Adipura akan mampu kita rebut kembali tahun ini.”

Menjaga kebersihan dan keindahan kota bukan hanya tugas ‘Pasukan Orange’ semata, tapi semua warga kota. “Hal paling sederhana; pilah sampah untuk mengurangi sampah langsung dari sumbernya, dan kemudian buanglah pada tempatnya. Jangan di sungai, got, atau jalan,” pesannya.

Hal lainnya, Wali Kota mengingatkan keuchik soal beberapa tugas utama yang harus diprioritaskan, mulai dari penegakan syariat Islam, memberantas Narkoba, dan mengelola dana desa tepat sasaran dan transparan, serta menjaga kekompakan antar elemen gampong.

Kepada Ali Akbar yang menjabat untuk periode kedua sebagai Keuchik Punge Ujong, ia berpesan agar melanjutkan program-program yang sudah berhasil, dan membenahi apa yang masih menjadi kekurangan.

“Kami siap mendukung Pak Keuchik sepenuhnya, dan berharap juga agar dapat meyukseskan visi misi Pemko Banda Aceh dengan tiga pilar pembangunannya yakni di bidang agama, pendidikan, dan ekonomi,” pungkasnya.

Sementara Ali Akbar dalam sambutan singkatnya menyatakan tekadnya untuk membawa Punge Ujong menjadi gampong yang maju dan mandiri. Hal itu katanya akan dapat dicapai dengan dukungan dari seluruh masyarakat gampong.

“Mari kita bersama-sama membangun gampong tercinta ini, baik secara fisik maupun kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat. Mohon pula dukungan dan arahan dari Pak Wali, Pak Camat dan unsur Muspika lainnya,” ujar Ali Akbar yang kembali terpilih sebagai keuchik pada Pikchiksung beberapa waktu yang lalu. (Red)

x

Check Also

Wali Kota Pastikan Pasar Lampulo Diresmikan Awal 2020

NBA – Wali Kota Banda Aceh, AminullahUsman memastikan Pasar Lampulo akan diresmikan ...