Wali Kota Sebut E-SIAP Implementasi Teknologi Informasi Menuju Smart City

NBA – Dalam peluncuran aplikasi Sistem Informasi Layanan dan Pengaduan (SIAP) Polresta Banda Aceh, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyebutkan hal itu sebagai pengimplementasian teknologi informasi menuju Smart City.

“Dengan ini kita berharap pelayanan kepada masyarakat dan publik akan semakin simpel serta mudah dan memangkas rantai birokrasi,” ujar Aminullah dalam sambutannya pada acara launching aplikasi SIAP, Rabu (25/9) di lantai IV gedung Mawardy Nurdin.

Aplikasi yang digarap Polresta Kota Banda Aceh yang bekerja sama dengan Telkomsel itu, diharapkan bisa memberikan kontribusi cepat dalam pelayanan publik, terutama dalam menerima pengaduan dan memberikan himbauan kepada masyarakat.

Pemerintah Kota Banda Aceh, lanjutnya, bersama dengan stakeholder selama ini telah menyusun Master Plan Smart City, dengan konsep kota cerdas yang berbasis islami. Hal itu dapat kita buktikan dengan beberapa prestasi, baik di tingkat lokal maupun nasional.

“Dari 23 kabupaten/kota se-Aceh, Kota Banda Aceh menjadi satu-satunya dan yang pertama di Provinsi Aceh yang terpilih untuk mengikuti Program Gerakan Menuju 100 Smart City,” ungkap Aminullah.

Oleh karenanya, selaku Wali Kota Banda Aceh, Aminullah menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh jajaran Polresta Banda Aceh atas di launchingnya aplikasi tersebut.

“Alhamdulillah, hari ini satu lagi inovasi dalam melayani masyarakat berhasil diterapkan oleh Polresta Banda Aceh. Inovasi ini menjadi bukti kegigihan dan komitmen dari jajaran Polresta Banda Aceh dalam melayani masyarakat, dimana aplikasi SIAP ini dapat di akses melalui Google Playstore,” ujarnya.

Aplikasi itu juga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat melaporkan segala hal tentang pelayanan Kepolisian melalui smartphone dan juga masyarakat dapat memantau CCTV di jalan raya yang ada di seputaran Banda Aceh, terangnya lagi.

Dan sejalan dengan hal tersebut, Wali Kota juga kembali menginformasikan bahwa, Pemko juga telah memiliki aplikasi serupa, yakni SUWARGA (Suara Warga). Katanya, melalui aplikasi itu warga bisa menginput laporan dan aspirasi.

“Dengan Aplikasi Suwarga tersebut, masyarakat tidak perlu harus datang ke instansi terkait untuk melaporkan hal-hal yang dianggap mengganggu kenyamanan warga kota, misalnya terkait dengan masalah persampahan, Jalan rusak, ternak yang berkeliaran dan lain-lain,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolresta Trisno Riyanto mengatakan, dengan aplikasi ini maka setiap masalah yang terjadi di lapangan bisa diterima dan diproses dengan cepat.

‘Terkait pelayanan ini saya juga bisa mengecek langsung pelayanan dari anggota saya di lapangan,” kata Trisno.

“Saya juga menyampaikan terimakasih kepada wali kota yang telah mendukung dalam peluncuran aplikasi ini, dan pihak Telkomsel, sehingga dengan harapan bisa memberikan dampak yg baik bagi kesejahteraan warga kota,” tandasnya.(Red)

x

Check Also

Ketum PAN: Menjadi Anggota Dewan Adalah Jalan Pengabdian

NBA – Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyampaikan amanatnya kepada Pimpinan dan ...