banner 728x250

Tutup Lingkungan Hidup Expo 2019, Wali Kota Apresiasi DLHK3 Banda Aceh

  • Bagikan

NBA – Lingkungan Hidup Expo 2019 yang digelar DLHK3 Banda Aceh resmi berakhir. Kegiatan yang diselenggarakan mulai 8 November lalu ditutup secara resmi oleh Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM, Minggu (10/11) di Taman Bustanussalatin (Taman Sari).

Dalam sambutannya, Aminullah menyampaikan apresiasi kepada DLHK3 Banda Aceh yang telah bekerja keras menggelar acara tersebut. Katanya, event Lingkungan Hidup Expo memiliki dampak positif dalam memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat kota tentang cara-cara penanganan sampah dan kebersihan lingkungan.

Pada kesempatan ini, Aminullah juga merasa senang melihat antusias tinggi warga kota terhadap event yang digelar selama tiga hari tersebut.

“Pertama Saya ingin sampaikan apresiasi kepada DLHK3 yang telah bekerja keras menggelar kegiatan ini. Event ini menjadi penting dalam memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang penanganan sampah dan kebersihan kota. Saya juga senang melihat antusias tinggi warga selama even ini berlangsung,” ujar Aminullah.

Wali Kota berharap, melalui Lingkungan Hidup Expo ini kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan terus meningkat. Apalagi kegiatan ini juga melibatkan para pelajar dan siswa, dimana mereka telah dibiasakan memilih dan memilah sampah mulai dari lingkungan sekolah.

“Tentunya kita berharap anak-anak kita akan terbiasa ketika berada di rumah dan lingkungannya. Mereka sudah terbiasa dan mengerti memilih dan memilah sampah sesuai jenisnya, seperti sampah organik, anorganik, sampah plastik, sampah kimia dan sampah kaca,” harap Aminullah.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota juga mengungkapkan dirinya senang melihat setiap sudut kota Banda Aceh terlihat lebih bersih dan penanganan sampah di TPA regional juga telah dikelola dengan baik. 

Serahkan Hadiah Ratusan Juta untuk Juara Aneka Lomba

Pada seremonial penutupan Lingkungan Hidup Expo 2109 ini, Wali Kota didampingi Kepala DLHK3, Hamdani menyerahkan hadiah berupa piala dan uang pembinaan kepada para juara aneka perlombaan yang digelar selama event ini berlangsung. Hadiah yang diberikan Wali Kota mencapai Rp 152,5 juta. 

Dalam kesempatan ini, Aminullah juga menyerahkan penghargaan kepada para pekerja kebersihan dan pekerja yang telah pensiun. Khusus kepada pekerja yang sudah pensiun, Aminullah menyerahkan uang sebesar Rp 6 juta sebagai apresiasi atas kontribusinya terhadap kebersihan kota.

Selain itu, Aminullah juga menyerahkan piala bergilir kepada SDN 26 yang menjadi juara umum lomba paduan suara mars kebersihan kota.

Berikut daftar juara aneka lomba yang mendapatkan piala dari Wali Kota Banda Aceh:

Pemenang Lomba Paduan Suara Mars Kebersihan

Tingkat SD/MI

1. SDN 26 Banda Aceh (Juara I)

2. SDN 67 Banda Aceh (Juara II)

3. SDN 29 Banda Aceh (Juara II)

4. SDN 3 Banda Aceh (Harapan I)

5. SDN 17 Banda Aceh (Harapan II)

6. SD Methodist Banda Aceh (Harapan III)

Tingkat SMP/MTs

1. SMPN 6 Banda Aceh (Juara I)

2. SMPN 3 Banda Aceh (Juara II)

3. SMP Methodist Banda Aceh 9Juara III)

4. SMPN Budi Dharma Banda Aceh (Harapan I)

5. SMP IT Nurul Islah Banda Aceh (Harapan II)

6. SMPN 19 Banda Aceh (Harapan III)

Tingkat SMA/MA/Kejuruan

1. SAM Methodist Banda Aceh (Juara I)

2. SMAN 10 Banda Aceh (Jauara II)

3. SMAN 7 Banda Aceh (Juara III)

4. SMAN 1 Banda Aceh (Harapan I)

5. SMKN 1 Banda Aceh (Harapan II)

6. SMAN 12 Banda Aceh (Harapan III)

Pemenang Lomba Cerdas Cermat Tingkat Instansi

1. PUPR Banda Aceh (Juara I)

2. Pengadilan Tinggi (Juara II)

3. Dinkes Banda Aceh (Juara III)

Pemenang Penghargaan Inovasi teknologi Pengelolaan Sampah Tingkat Mahasiswa

1. Mahasiswa dari Universitas Serambi Mekkah dengan judul inovasi “Pengelolaan Sampah sebagai Produk Bahan Bakar Minyak” (Juara I)

2. Mahasiswa dari UIN Ar-Raniry dengan judul Inovasi “Aplikasi Teknologi Pewadahan Sampah Berbasis Poin Excahange” (Juara II)

3. Mahasiswa dari UIN Ar-Raniry dengan judul inovasi “Inovasi Fero Egg sebagai Alat Penghancur Cangkang Telur” (Juara III).

Pemenang Lomba Essay Lingkungan Tingkat SMA/MA/SMK

1. Mulianur Rizki dari SMK-SMTI Banda Aceh dengan judul essay “Transformasi Limbah Kopi menjadi Bioetanol sebagai Bahan Bakar Alternatif ramah Lingkungan” (Juara I)

2. Jefri Munandar dari SMAM 16 Banda Aceh dengan judul essay “Pemberdayaan Ekonomi Produktif Melalui Pengolahan Sampah di Lingkungan Sekolah” (Juara II)

3. Mutiara Dirgantari Veyson dari SMAN 5 Banda Aceh dengan judul essay “Modul Pop Up Aceh Green Program Kecil Menanam Dewasa memanen (KMDM)” (Juara III).

Pemenang Lomba Stand Pameran Daur Ulang Tingkat Gampong

1. Kota Baru (Juara I)

2. Surien (Juara II)

3. Peunyeurat (Juara III)

Pemenang Lomba Sekolah Bersih

Tingkat SD/MI

1. SDN 54 Banda Aceh (Juara I)

2. SDN 3 Banda Aceh (Juara II)

3. SDN 40 Banda Aceh (Juara III)

Tingkat SMP/MTs

1. SMP 1 Banda Aceh (Juara I)

2. SMPN 7 Banda Aceh (Juara II)

3. MTsN 4 Banda Aceh (Juara III)

Tingkat SMA/MA/Kejuruan

1. SMAN 10 Banda Aceh (Juara I)

2. SMAN 12 Banda Aceh (Juara II)

3. SMAN 3 Banda Aceh (Juara III).

  • Bagikan