Genjot Sektor Wisata, Aminullah Gandeng Media Group

Jakarta – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyambangi kantor Media Group di kawasan Kedoya, Jakarta Barat pada Rabu, 26 Februari 2020.

Aminullah didampingi Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah Kota (Kabag Humas Setdako) Banda Aceh, Irwan, disambut langsung Pemimpin Redaksi Metro TV, Don Bosco Selamun, PR and Publicity Manager Metro TV Widya Saputra, dan sejumlah petinggi Media Group lainnya di ruang Meeting Executive, lantai V Gedung Metro TV.

Lawatan Aminullah ke kantor media milik Surya Paloh itu dalam rangka silaturahmi serta memperkuat sinergi dengan Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh.

Dalam pertemuan tersebut, Aminullah dan Media Group membahas sejumlah hal. Salah-satunya tentang potensi wisata yang ada di Banda Aceh.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas sambutan rekan-rekan Media Group disini. Kami berkunjung atas dasar silaturahmi dan dengan harapan bisa meningkatkan kerja sama yang baik antar kedua pihak kedepannya,” kata Aminullah.

Pemko, sebutnya, saat ini sedang gencar-gencarnya menggenjot sektor wisatanya. Aminullah berharap, dengan lawatannya tersebut bisa memperkenalkan Banda Aceh lebih luas lagi bersama Media Group.

“Kami ingin meningkatkan kunjungan pariwisata dan mengajak para investor mau berinvestasi di Kota Banda Aceh, makanya kami ingin memperkenalkan Banda Aceh ke luar dengan bersilaturahmi ke Media Group,” ujarnya lagi.

Aminullah menilai, Media Group sebagai salah satu pionir media di Indonesia tentunya mampu memberikan kontribusi dan informasi tentang Banda Aceh ke publik nasional maupun internasional.

“Ini momentum yang baik. Kita berharap bisa mengenalkan potensi wisata Banda Aceh di mata nusantara, bahkan mancanegara melalui unit-unit media disini. Kita perlu menjelaskan suasana kota yang saat ini sangat kondusif dan kita membuka lebar pintu bagi para investor,” kata Aminullah.

Aminullah pun menerangkan, tumbuhnya perekonomian kota juga terkait erat dengan sektor pariwisata yang sedang digenjotnya. “2017 jumlah kunjungan wisatawan tercatat 288 ribu orang, 2018 naik 380 ribu, dan 2019 meningkat tajam hingga 500 ribu lebih wisatawan domestik maupun mancanegara. Penambahan per tahun luar biasa, dari 14 ribu ke 210 ribu wisatawan.”

Lanjutnya, tercatat pada tahun 2017 ekonomi hanya tumbuh 3,13 %, dan saat ini naik menjadi 4,86 %.

Income percapita penduduk Banda Aceh juga menjadi salah-satu indikator pertumbuhan ekonomi Kota Gemilang.

“Pada tahun 2017, income percapita masyarakat Banda Aceh adalah Rp 64,1 juta dan saat ini sudah naik hingga Rp 66,2 juta. Income perkapita kita bahkan berada diatas rata-rata nasional yang hanya Rp 56 juta,” ujar Aminullah.

Letak yang sangat strategis dan memiliki pesona wisata unik dan komplit menjadikan Banda Aceh sebagai destinasi favorit para turis. “Banda Aceh punya ragam seni budaya dan heritage dengan warganya yang ramah dan kuliner yang menggiurkan. Selain itu juga dekat dengan Sabang dan Aceh yang terkenal akan wisata bahari dan alamnya,” ujar Aminullah.

Di samping wisatawan yang terus berdatangan, para investor juga semakin melirik Banda Aceh. “Mereka melihat prospek cerah investasi di Banda Aceh. Untuk mendukungnya, segala hal menyangkut perizinan kita permudah,” katanya.

Aminullah pun mengharapkan, usai pertemuan itu ada tindak lanjut yang bisa dilakukan antara keduanya.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Metro TV, Don Bosco Selamun menyebut silaturahmi ini merupakan balasan kunjungan yang pernah dilakukannya ke Banda Aceh beberapa waktu lalu.

“Waktu itu, kami ingin menjalin kerja sama ke Banda Aceh. Dengan kedatangan balasan Pak Wali Kota ini, nampaknya kerjasama Media Group dengan Pemko Banda Aceh akan semakin konkrit,” ujarnya.

Don Bosco mengaku ingin membuka serta menciptakan branding positif dan meningkatkan sumber daya manusia di Aceh, khususnya Banda Aceh secara luas. Apalagi Ibukota Provinsi Aceh itu penghuninya sangat ramah dan memiliki prospek yang baik untuk berinvestasi.

“Media group punya sejarah panjang dengan Aceh, pertama Bang Surya Paloh adalah orang yang komit dengan Aceh, kedua ketika (bencana) tsunami, Metro TV mengumpulkan bantuan yang begitu besar untuk korban disana, jadi kita meneruskan kerjasama ini, kami berharap dalam waktu dekat akan ada kesepakatan bersama,” katanya. []

x

Check Also

Akademisi UIN Ar-Raniry Apresiasi Kadin Aceh Salurkan 12.500 Paket Sembako

Banda Aceh – Gerakan cepat yang dilakukan Kadin Aceh dengan menyalurkan bantuan ...