Bunda PAUD Kota Banda Aceh, Hj Nurmiaty AR saat memberikan sambutan sekaligus membuka pelatihan dan perlombaan guru se-Kota Banda Aceh, Aceh Besar dan Sabang, Minggu (2/2) di Gedung ITLC Banda Aceh.

Hj Nurmiaty AR: Karakter Pendidikan Usia Dini Penting bagi Masa Depan

Banda Aceh – Bunda PAUD Kota Banda Aceh, Hj Nurmiaty AR mengatakan karakter pendidikan usia dini sangat penting bagi masa depan Indonesia.

Hal ini disampaikannya saat membuka pelatihan dan perlombaan guru se-Kota Banda Aceh, Aceh Besar dan Sabang, Minggu (2/2) di Gedung ITLC Banda Aceh.

Kata istri Wali Kota Banda Aceh ini, bangsa yang besar merupakan bangsa yang berkarakter jujur, disiplin, toleran dan berintegritas. Karenanya, karakter-karakter tersebut harus mulai ditanamkan sejak usia dini.

Lanjutnya, penelitian tumbuh kembang anak menunjukkan angka 50 % pendidikan anak di usia dini berlangsung pada era usia emas, yakni 0 sampai dengan 6 tahun.

“Pada masa ini (0 s/d 6 tahun), anak akan mengalami tahap tumbuh kembang yang investasi paling utama adalah investasi pendidikan anak usia dini,” ungkapnya.

Nurmiaty kemudian berharap, lewat pelatihan dan perlombaan guru yang digelar di ITLC ini akan menghasilkan kualitas guru yang mampu mencetak generasi muda berkualitas, berkarakter dan berakhlak mulia serta kreatif dalam mendidik anak asuhnya.

Dimata Bunda PAUD Kota Banda Aceh ini, kegiatan yang digelar Faber Castell tersebut juga menjadi wadah untuk koordinasi dan konsultasi dengan berbagai forum guru untuk saling bertukar pikiran dan bertukar informasi satu sama lain dan berbagi solusi dalam menghadapi kendala yang ada.

Sementara itu, Supervisor Faber Castel, Ahmad Fauzi mengaku bahagia dan bangga melihat antusias para guru mengikuti kegiatan ini.

“Kami juga menggelar kegiatan ini di kota-kota lainnya di Sumatera, tapi paling tinggi antusias pesertanya di Banda Aceh ini,” ungkapnya.

Ahmad Fauzi kemudian berharap apa yang dilakukan pihaknya berkontribusi untuk kemajuan pendidikan usia dini di Banda Aceh.

Ketua panitia acara ini, Intan Mutia mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 400 guru PAUD dari Banda Aceh, Aceh Besar dan Sabang.

Selain pelatihan, ada juga berbagai perlombaan untuk para guru pada kegiatan ini.

“Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas, kapasitas dan konpetensi guru. Harapannya, semua yang didapat disini dapat diaplikasikan di PAUD masing-masing,” tutup Intan Mutia.

Usai seremonial pembukaan, pihak Faber Castell, salah-satu perusahaan tertua produsen alat tulis ini memberikan piagam penghargaan kepada Bunda PAUD Kota Banda Aceh, Hj Nurmiaty AR. Piagam penghargaan ini juga diberikan kepada Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Saminan dan sejumlah tokoh yang selama ini telah berkontribusi untuk kemajuan pendidikan usia dini di Banda Aceh. []

x

Check Also

Wali Kota: Budidaya Tiram Alue Naga Mulai Dinikmati Warga

Petani Tiram: Kami Sangat Terbantu, Terima Kasih Pak Wali Banda Aceh – ...