Wali Kota: PKK Berperan Penting dalam Pemberdayaan Ekonomi Keluarga

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan Tim Penggerak PKK memiliki peranan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga.

Hal ini disampaikan Aminullah saat memberikan sambutannya pada pelantikan dan serah terima jabatan ketua TP-PKK Kecamatan se-Kota Banda Aceh. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Ketua TP-PKK Kota Banda Aceh, Hj Nurmiaty AR di Aula Lantai IV, Gedung Mawardy Nurdin, Balai Kota Banda Aceh, Selasa (11/2).

Dalam kesempatan ini, Wali Kota mengucapkan selamat atas dilantiknya ketua tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kota Banda Aceh yang baru, semoga selalu memegang teguh amanah yang telah diberikan serta dapat dijalankan dengan semestinya.

“Tujuan utamanya adalah untuk mewujudkan keluarga sejahtera, kerena keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai arti besar dalam proses pembangunan sehingga terwujudnya masyarakat Kota Banda Aceh dan Aceh yang sejahtera,” ungkap Aminullah.

Lanjutnya, Tim penggerak PKK merupakan lembaga yang bermitra dengan pemerintah karena PKK merupakan organisasi yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, penghendali dan penggerak untuk terlaksananya program pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga untuk mewujudkan Kota Banda Aceh Gemilang dalam bingkai syariah.

“Ada beberapa peran PKK yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah yang menjadi tugas tim penggerak PKK, pertama menghidupkan kembali masalah pengamalan Pancasila, kemudian fungsi Gotong-royong dalam membangun bersama di gampong dan kecamatan, kemudian mendidik dan membina keluarga yang lebih baik di daerah masing-masing, kemudian juga menciptakan warga menjadi lebih sehat serta mengawal masalah penegakan syariat islam, disamping itu soal narkoba di gampong-gampong,” ujar Aminullah

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua TP-PKK Kota Banda Aceh, Hj Nurmiati AR mengatakan, PKK mempunyai peran penting ditengah masyarakat dalam menggerakan potensi masyarakat, serta turut berkontribusi dalam mengatasi berbagai persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.

“Setelah dilaksanakan pelantikan ini, para ketua TP-PKK Kecamatan beserta pengurus,  Saya harap dapat langsung merencanakan, melaksanakan, menghimpun dan membina program-program kerja di kecamatan dan di gampong masing-masing,” ungkap Nurmiaty.

Selain itu, agar seluruh tugas dapat berjalan dengan lancar, Nurmiaty mengingatkan para pengurus untuk terus belajar dengan mengikuti pelatihan/sosialisasi yang diadakan TP-PKK Kota Banda Aceh atau mitra kerja yang lain.

Pada pelantikan tersebut juga turut dihadiri oleh Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar, Wakil Ketua TP-PKK, Hj Fauziah, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Banda Aceh Ny Buraida Bahagia, Para Camat se-Kota Banda Aceh dan para Kepala SKPK di lingkungan pemerintah Kota Banda Aceh.

Berikut para Ketua TP-PKK Kecamatan yang baru dilantik:

  • Ketua TP PKK Kecamatan Jaya Baru, Yonanda
  • Ketua TP PKK Kecamatan Syiah Kuala, Rosmalidar
  • Ketua TP PKK Kecamatan Kuta Raja, Tri Suci Afriyenny
  • Ketua TP PKK Kecamatan Baiturrahman, Helda Saflia
  • Ketua TP PKK Kecamatan Ulee Kareng, Suryani
  • Ketua TP PKK Kecamatan Kuta Alam, Febi Mutia
  • Ketua TP PKK Kecamatan Lueng Bata, Nurliza
  • Ketua TP PKK Kecamatan Meuraxa, Netti Hartaty
  • Ketua TP PKK Kecamatan Banda Raya, Rosni Darwis (Jlf)
x

Check Also

IPM Banda Aceh Terbaik Nasional

*Kemiskinan dan Pengangguran Menurun*Investor Lirik Banda Aceh Banda Aceh – Berdasarkan data dari ...