Aminullah Diusulkan Komwil Sumatera Jadi Ketua Apeksi Nasional

Banda Aceh Tuan Rumah Apeksi Komwil Sumatera 2021

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman diusulkan oleh Komisariat Wilayah (Komwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Sumatera untuk menjadi Calon Ketua Ketua Umum Apeksi nasional.

Hal tersebut mengemuka dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Komwil I Apeksi Regional Sumatera yang berlangsung di Kota Pariaman, Sumatera Barat, Rabu 18 Maret 2020. Pada kesempatan itu, Wali Kota Aminullah diwakili Wakil Wali Kota Zainal Arifin.

Menurut Chek Zainal, sapaan akrab Wakil Wali Kota pada Rakernas Apeksi mendatang di Tangerang Selatan, akan ada pemilihan Ketua Apeksi yang baru. “Dari Komwil I menunjuk Wali Kota Banda Aceh sebagai calon Ketua Umum Apeksi, yang akan diusul pada Rakernas,” katanya.

“Kemudian salah satu hasil rekomendasi rapat tadi, para wali kota se-Komwil I Sumatera juga bersepakat pada 2021, Kota Banda Aceh menjadi tuan rumah Rakerwil Apeksi. Alhamdulillah kota kita terpilih secara aklamasi,” ujarnya.

Selain itu, ada pula sejumlah rekomendasi lain terkait upaya pencegahan virus Corona di antaranya agar pemerintah pusat memperbanyak laboratorium spesimen pengujian virus Corona di daerah. “Lalu setiap rumah sakit daerah juga agar dibantu pembangunan ruang isolasi dan alat pelindung diri atau APD,” katanya.

Sebagai informasi, Rakerwil Komwil I Apeksi Regional Sumatera yang sebelumnya dijadwalkan selama tiga hari (17-19 Maret 2020), dipadatkan jadwalnya menjadi sehari dengan pertimbangan upaya pencegahan penyebaran virus Corona. Delegasi yang hadir yakni perwakilan kota-kota di Riau, Kepulauan Riau, Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.

Dari Banda Aceh, Wali Kota Aminullah Usman menyampaikan rasa syukur dan bahagia atas terpilihnya Banda Aceh sebagai tuan rumah Rakerwil Apeksi tahun depan. “Ini anugerah bagi kota kita, karena menjadi ajang promosi untuk menarik lebih banyak wisatawan,” katanya.

Ia pun mengajak segenap elemen kota untuk menyukseskan ajang tahunan Apeksi tersebut. “Mari kita sambut tamu kita se-Sumatera yang akan datang nantinya dengan pelayanan kelas satu. Peumulia Jamee Adat Geutanyo. Banda Aceh insyaallah siap menjadi tuan rumah yang baik.”

Terkait dengan pemilihan dan pengusulan dirinya sebagai calon Ketua Apeksi nasional ke depan, Aminullah merasa sangat terhormat. “Ini kehormatan besar bagi saya. Kepercayaan sekaligus tanggung jawab yang besar dari para wali kota se-Komwil I Sumatera,” ujarnya.

“Tentu pula ini tak terlepas dari berbagai prestasi dan pencapaian positif Banda Aceh selama ini. Banda Aceh kini semakin dilirik sebagai kota percontohan bagi kota-kota lainnya di Indonesia,” kata Aminullah.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus selaku Ketua Komwil I Apeksi Regional Sumatera menambahkan, pengusulan Aminullah sebagai calon Ketua Apeksi nasional didukung penuh oleh 24 kota dari lima provinsi di Sumatera.

“Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman yang juga Wakil Ketua I Komwil Apeksi Sumatera, sosok yang sangat tepat kita usung karena berhasil membawa Banda Aceh meraih banyak prestasi dan patut dicontoh oleh daerah lain,” katanya. (Red)

x

Check Also

KPK Apresiasi Paparan Penggunaan Anggaran BTT Pemerintah Aceh untuk Penanganan Covid-19

Banda Aceh – Kepala Satgas Koordinasi Pencegahan Wilayah III Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ...