Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM.

Sekolah Dari Rumah, Banda Aceh Berlakukan E-Learning

Saminan: Bagi sekolah yang belum menjalankan secara maksimal maka akan kita datangi untuk di evaluasi

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman telah mengambil kebijakan meliburkan sekolah-sekolah di Banda Aceh, terutama dari level PAUD hingga SMP yang berada dibawah kewenangan Pemko. Sementara untuk SMA merupakan kewenangan Pemprov Aceh.

Kebijakan meliburkan sekolah sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran virus corona yang saat ini sudah merebak di berbagai belahan dunia.

Meski diliburkan, para siswa – siswi di Banda Aceh tidak perlu khawatir tertinggal pelajaran. Karena Pemko melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayan telah menyiapkan konsep belajar daring atau lebih dikenal dengan belajar online.

“Kita telah intruksikan Disdikbud Kota menindaklanjuti arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, yang dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring,” ujar Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Kamis (19/3/2020).

Kata Wali Kota, para siswa di Banda Aceh tetap bisa belajar dari rumah dan para guru juga telah dibekali agar mampu memberikan materi pelajaran untuk siswa-siswanya yang belajar dari rumah.

Aminullah pun mengungkapkan bahwa 80 persen sekolah tingkat SD dan SMP yang ada di Banda Aceh telah melaksanakan sistem e-learning tersebut sejak Senin (16/3) lalu.

“Berdasarkan data pengawasan langsung di lapangan, sekolah tingkat SMP sudah hampir semua melakukan pembelajaran online, dan untuk SD tinggal di daerah pesisir sedang kami berikan tutor dibidang IT. Ini terus kita tingkatkan dengan memberikan bekal terhadap para guru,”.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Saminan mengatakan bahwa pembelajaran online ini dapat diakses melalui website dan WhatsApp.

“Tentu semuanya dibawah pengawasan orang tua. Kegiatan e-learning ini sudah berjalan dari hari Senin pada sebagian sekolah. Bagi sekolah yang belum menjalankan secara maksimal maka akan kita datangi untuk di evaluasi. Harapan kami semua berjalan maksimal minggu ini,” katanya saat diwawancarai. (Riz)

x

Check Also

Akademisi UIN Ar-Raniry Apresiasi Kadin Aceh Salurkan 12.500 Paket Sembako

Banda Aceh – Gerakan cepat yang dilakukan Kadin Aceh dengan menyalurkan bantuan ...