banner 728x250

Wali Kota, BI dan Perbankan Sosialisasi QRIS kepada Masyarakat

  • Bagikan

Banda Aceh – Bank Indonesia Perwakilan Aceh, perbankan bersama Pemko Banda Aceh menggelar sosialisasi penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) di area Car Free Day (CFD), Minggu (15/3/2020) di Jl Tgk Daud Beureueh.

Kata kepala BI Perwakilan Aceh, Zainal Arifin Lubis, QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia. Proses transaksi dengan QR Code dapat dilakukan lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Dengan adanya QRIS ini, maka seluruh transaksi pembayaran yang menggunakan QR Code hanya memerlukan satu QR Code saja, karena kode QR itu sudah terintegrasi dengan seluruh aplikasi yang menyediakan atau menerima pembayaran dengan QR code.

“Nanti tidak ada lagi cerita uang hilang atau pengembalian uang kecil susah. Orang cukup dengan satu kartu bisa melakukan pembayaran, tidak perlu bawa uang cash,” ujarnya.

QRIS sebagai satu sistem untuk semua model pembayaran bisa digunakan di semua merchant yang kerjasama dengan penyedia Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) seperti Link Aja, Gopay, OVO dan sejenisnya.

Sistem QR Code ini menggunakan Merchant Presented Mode (MPM), pengguna tinggal scan QR Code di QRIS yang ada di berbagai merchant yang menyediakan transaksi nontunai.

“Bagi merchant yang ingin diubah jadi QRIS, tinggal menghubungi bank-nya saja, nanti pihak bank yang akan mengurus lebih lanjut, mengganti dari QR biasa menjadi QRIS,” jelas Zainal Arifin Lubis.

Wali Kota: Tindak Lanjut Penerapan Banda Aceh Smart City

Sementara itu Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan Banda Aceh sebagai salah satu pilot project Smart City di Indonesia menyambuat baik peluncuran QRIS ini.

Kata Aminullah, target pemerintah pusat smart city sudah berjalan maksimal pada tahun 2025.

Kata Aminullah, Banda Aceh sendiri terus mempersiapkan diri dan telah melakukan persiapan-persiapan bekerjasama dengan berbagai lembaga.

“Seperti hari ini, Bank Indonesia dengan seluruh perbankan meluncurkan QRIS. Kita sambut baik sebagai tindak lanjut menuju Banda Aceh Smart City. Dengan kemudahan yang diberikan dunia perbankan masyarakat tidak perlu mengantongi banyak kartu, cukup dengan satu kartu saja bisa melakukan semua transaksi,” ujar Aminullah.

Lanjut Aminullah, QRIS memberikan kemudahan-kemudahan bagi masyarakat. Transaksi juga sangat cepat, aman dan nyaman.

“Tidak perlu lagi harus kantongi banyak uang di kantong, bisa terhindar dari kriminal seperti perampokan,” tambah mantan Dirut Bank Aceh ini.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota juga meminta kepada pihak BI dan perbankan agar dilakukan sosialisasi secara masif. Katanya setiap hal baru harus disosialisasikan agar diketahui masyarakat luas, bagaimana kelebihan dan kemudahannya harus tersampaikan dengan baik.[]

  • Bagikan