banner 728x250

Wali Kota Minta UPTD Pelabuhan Ulee Lheue Lakukan Pemindaian Suhu Badan Penumpang

  • Bagikan
Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE. Ak, MM.

Perhotelan dan Mal Juga Dianjurkan Lakukan Hal yang Sama

Banda Aceh – Berbagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh.

Setelah membatasi kegiatan yang melibatkan banyak masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) serta meliburkan sekolah, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meminta pengelola UPTD Pelabuhan Ulee Lheue untuk mengadakan pemeriksaan suhu badan terhadap penumpang.

“Saya minta pengelola Pelabuhan Ulee Lheue untuk mengadakan tes suhu badan bagi setiap penumpang, baik yang akan berangkat ke Sabang maupun sebaliknya,” kata Aminullah, Minggu 15 Maret 2020 di Banda Aceh.

Menurut Wali Kota, di Pelabuhan Ulee Lheue memang sudah tersedia alat pengukur tubuh yang memadai. “Info terakhir yang saya terima, alatnya sudah disediakan oleh pihak karantina kesehatan bekerjasama dengan pihak UPTD pelabuhan.”

”Oleh sebab itu, saya minta agar mulai Senin besok, 16 Maret 2020, dapat segera difungsikan dan dipastikan semua penumpang harus melewati protokol ini. Selain itu, ketersediaan sabun cuci tangan juga harus diperbanyak,” katanya.

Masih menurut Wali Kota, pemindaian suhu badan di Pelabuhan Ulee Lheue penting dilakukan karena Sabang banyak dikunjungi wisatawan dan Banda Aceh menjadi titik transitnya. “Harapan kita, Banda Aceh tetap zero virus Corona. Jikapun ada indikasi dapat dengan cepat kita tangani,” katanya lagi

“Misalnya apabila ditemukan penumpang dengan suhu badan melebihi 38 celcius dapat langsung lita bawa ke Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) yang merupakan salah satu rumah sakit yang ditunjuk pemerintah dalam penanggulangan Corona.”

Tak ketinggalan, Aminullah menganjurkan pihak perhotelan dan mal atau pusat perbelanjaan untuk turut mengadakan tes suhu tubuh bagi pengunjung. “Mari semua elemen kota bergerak menangkal Corona, karena upaya ini membutuhkan peran aktif semua pihak,” ujarnya. (Red)

  • Bagikan