banner 728x250

Kodim 0101/BS dan FK. BUMN Aceh Gelar Gotong Royong Massal Bersihkan Krueng Daroy

  • Bagikan

Banda Aceh – Kodim 0101/BS bersama Forum Komunikasi (FK) BUMN, BWS- 1 Sumatera, jajaran Pemko Banda Aceh melakukan gotong royong massal membersihkan sampah-sampah di sepanjang aliran Krueng Daroy Banda Aceh, Kamis (26/8/2020).

Kegiatan ini sudah dilaksanakan selama tiga hari, dimulai dari Mata Ie Aceh Besar. Membersihkan Krueng Daroy merupakan kegiatan hari ketiga dan melibatkan 238 orang yang terdiri dari TNI, Kepolisian, BWS Wilayah I Sumatera, DLHK3 Kota, Mahasiswa, Ormas dan warga sekitar bantaran Krueng Daroy.

Tampak seluruh peserta gotroy massal ini turun ke dalam air mengumpulkan sampah yang ada di sepanjang sungai untuk diangkut ke TPA.

Bukan hanya sampah, rumput-rumput di sepanjang pinggir sungai kecil ini juga dibersihkan bersama.

Dandim 0101/BS, Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti SSos MSi mengatakan gotong royong massal itu dilakukan mencegah terjadinya bencana banjir di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan memberikan edukasi ke masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan sehingga jauh dari penyakit.

Melalui kegiatan gotong royong ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyakat akan kebersihan lingkungan, terutama kebersihan aliran Krueng Daroy yang menyimpan sejarah Aceh yang harus terus dijaga kelestariannya.

Sementara itu, Mayor Inf Tri Handaya SIP selaku koordinator kegiatan menambahkan gotong royong massal dimulai dari 24 Agustus lalu. Kegiatan hari pertama dimulai dari Mata Ie hingga RIAB yang melibatkan 190 orang. Kemudian pada hati kedua yang ikut berpartisipasi mencapai 180 orang. Kemudian jumlahnya meningkat di hari ketiga di Krueng Daroy mencapai 238 orang.

Pantauan di lapangan, kegiatan ini mendapat dukungan yang antusias dari warga sekitar. Tampak ratusan warga sekitar ikut berpartisipasi dan secara suka rela ikut menyajikan makanan dan minuman untuk massa yang ikut membersihkan bantaran Krueng Daroy.[]

  • Bagikan