Camat Baiturrahman, Muhammad Rizal, S.STP

Lindungi Warga Terpapar Covid-19, Camat Baiturrahman Batasi Perayaan HUT RI ke-75

Banda Aceh – Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Baiturrahman Kota Banda Aceh menyepakati untuk meniadakan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun 2020 dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat massal.

Camat Baiturrahman, Muhammad Rizal S STP, pada Rabu (5/8/2020) mengatakan keputusan tersebut merupakan hasil rapat Muspika Baiturrahman dengan para keuchik dan Ketua Pemuda yang tergabung dalam FOKBAR.

“Dalam rapat telah disepakati tahun ini kita tidak mengelar kegiatan yang membuat kerumunan massal. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, karena pandemi Covid-19 masih terus melanda,” kata Rizal.

Namun, lanjutnya masyarakat Baiturrahman masih bisa memperingati hari Kemerdekaan Indonesia dengan menaikkan bendera di rumah masing-masing, memasang umbul-umbul, memperindah gapura gampong dan memasang spanduk-spanduk dengan tema memaknai kemerdekaan.

“Makna kemerdekaan masih bisa kita rasakan. Kita sudah minta masyarakat menaikkan bendera merah putih dan spanduk-spanduk. Hanya saja euforia kita batasi dengan meniadakan berbagai kegiatan hiburan rakyat seperti tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Ia kemudian mengungkapkan, keputusan tersebut diambil sebagai upaya perlindungan warga setempat dari kemungkinan terpaparnya virus corona.

“Kasus positif Covid-19 masih terjadi dan cenderung meningkat, kegiatan seperti panjat pinang, gladiator dan hiburan rakyat lainnya kita tiadakan kali ini. Semoga kebijakan ini bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan upaya melindungi masyarakat Baiturrahman dari kemungkinan terpapar corona,” harapnya.

Sementara itu, Kapolsek Baiturrahman, Iptu Tri Andi Darma meminta kepada para keuchik dan pemuda, pada hari peringatan tujuh belasan dapat diisi dengan karya bakti, seperti melakukan penyemprotan pada rumah rumah-rumah ibadah.

Danramil 14/Baiturrahman juga menyampaikan hal serupa, Kapten Chb Ridwan juga mengimbau kepada warga agar gampong dapat dihias sedemikian rupa dengan memasang umbul-umbul, menghias gapura-gapura, memasang bendera hingga spanduk sehingga momentum kemerdekaan terasa meriah meski di tengah pandemi yang sedang melanda.

“Namun, kita ingatkan semua kegiatan tersebut harus mematuhi protokol kesehatan. Dalam beraktifitas, masyarakat diminta tetap memakai masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan dengan sabun,” tutupnya. (Hus/Hz)

x

Check Also

Aminullah Wacanakan Alue Naga Jadi Destinasi Wisata Kuliner Modern

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mewacanakan gampong Alue Naga, ...