Aminullah Wacanakan Alue Naga Jadi Destinasi Wisata Kuliner Modern

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mewacanakan gampong Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala sebagai destinasi wisata kuliner modern. Ia menyebutkan, Alue Naga dapat dikembangkan jadi destinasi wisata baru.

Di samping lokasinya di pesisir pantai, wacana ini semakin diperkuat dengan adanya budidaya tiram masyarakat setempat, tepatnya di muara sungai Alue Naga.

“Nantinya setiap wisatawan bisa menikmati olahan tiram yang sangat nikmat jika dihidangkan dengan mi (mi tiram), gulai tiram, tiram tumis, kerupuk tiram dan berbagai hasil produksi lainnya, bahkan sampai kerang hijau rebus sambil melihat langsung para penongkah tiram di sini,” ujar Aminullah.

Sebagai pendukung lainnya, sepanjang jalan rute ke arah pasar Al Mahirah Lamdingin ini juga nanti akan di aspal dengan baik, “di pinggiran jalan ditanami pohon agar rimbun, bisa jadi spot bersepeda santai bersama teman dan keluarga.”

Dengan begitu pula, Alue Naga akan menambah ruang publik bagi warga untuk menikmati keindahan kota, sebutnya.

Awalnya, sebelum menjadi wali kota Aminullah mengatakan dirinya sangat tertarik melihat keindahan sekitar gampong Aleu Naga dan Tibang, untuk pengembangan budi daya tiram dan wisata.

“Saat itu saya diundang oleh tgk Jamaica yg sudah mulai melakukan pengembangan tiram dengan sistem modern, dan selanjutnya datang lagi ketemu dengn ibu ibu sedang menongkah tiram. Itulah awal dari semua ini,” kata Aminullah.

Yang tak kalah penting lagi, bagi seorang ekonom seperti Wali Kota Aminullah ialah adanya multiplier effect yang terjadi di lokasi itu nantinya.

“Saya sangat berharap setiap orang di Alue Naga dan sekitarnya menjadi unsur pertumbuhan ekonomi di sini. Adanya keramaian di pusat publik ini maka akan menambah kesempatan UMKM, pedagang kecil berjualan di sekitarnya. Semoga harapan ini terwujud dengan baik,” kata Aminullah. []

x

Check Also

Kadinkes: Sejak Awal Biaya Swab dan Rapid Test Gratis di Aceh

Banda Aceh – Pemerintah Aceh telah menggratiskan biaya pemeriksaan masyarakat terkait virus corona, ...