Mulyadi: Orang Tua Ambil Peran Dominan Ajarkan Akhlak Kepada Anak Saat Belajar Dari Rumah

Banda Aceh – Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Kota Banda Aceh melalui Wakil 1 MAA Kota Banda Aceh, Mulyadi Thaib mengajak orang tua untuk mengambil peran pada saat belajar di rumah selama masa pandemi Covid-19 untuk mengajarkan akhlak yang baik kepada anak.

“Sekarang sedang Covid-19  tidak ada sekolah artinya anak-anak belajar dari rumah, peran orang tua yang sekaligus sebagai guru harus dominan dalam mengajarkan anaknya terutama dalam membimbingan akhlak,” kata Mulyadi, pada Kamis (03/08/2020) di kantornya.

Mulyadi mengatakan, seperti firman Allah bahwa Rasulullah SAW diutus untuk memperbaiki akhlak manusia, artinya begitu penting akhlak dalam membimbing anak sejak kecil dapat menjadikan anak sukses di masa yang akan datang.

“Ketika si anak punya akhlak dan etika yang bagus biasanya sangat menentukan untuk kesuksesan dia di masa depan,” kata Mulyadi.

Menurut Mulyadi, selama ini banyak anak-anak yang kurang menerapkan akhlak  saat berinteraksi dengan sesama atau dengan orang yang lebih tua.

“Contoh yang paling sederhana itu saat si anak mau meminta uang sama orang tuanya sedang duduk bersama teman-temannya, seharusnya tidak boleh meminta secara langsung tetapi dipanggil dulu orang tuanya agar tidak di tempat ramai karena bisa jadi orang tuanya sedang tidak ada uang. Nah kalau diminta secara di depan teman-temannya pasti akan menimbulkan rasa malu pada orang tuanya,” jelas Mulyadi.

Dalam hal ini, MAA terus berupaya melakukan sosialisasi melalui radio-radio dan televisi, selain itu juga pihaknya telah mengusulkan kepada DPRK dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  untuk kedepannya pada saat mata pelajaran Diniyah agar diperbanyak contoh praktek pengaplikasian akhlak yang baik. (Rid/Hz)

x

Check Also

Aminullah Wacanakan Alue Naga Jadi Destinasi Wisata Kuliner Modern

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mewacanakan gampong Alue Naga, ...