banner 728x250

Aminullah Apresiasi Program Tagana Masuk Sekolah

  • Bagikan

Wali Kota: Edukasi Mitigasi Bencana Sangat Penting

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyebutkan Edukasi Mitigasi Bencana sangatlah penting dilakukan sejak dini karena bencana bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Hal itu mengemuka saat wali kota Aminullah membuka kegiatan program Tagana Masuk Sekolah (TMS) dengan tema “Meningkatkan Kesiapsiagaan dan Mitigasi dalam menghadapi Bencana Secara Dini” yang diinisiasi oleh Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, bertempat di SD 37, Lamteumen, Rabu (19/11/2020).

Dalam penyampaiannya, wali kota juga mengapresiasikan Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang telah memberikan perhatian khusus kepada Kota Banda Aceh melalui Dinas Sosial terhadap penanganan bencana.

Menurutnya program TMS ini sangat perlu untuk mengedukasi masyarakat agar tanggap bencana sejak dini dan menekan jumlah korban serta kerusakan akibat bencana, ungkapnya.

“Edukasi Mitigasi Bencana sangatlah penting bagi masyarakat karena selain ilmu pengetahuan, masyarakat juga bisa langsung untuk membantu, sehingga dapat meminimalisir dampak yang terjadi ketika mengalami suatu bencana,” jelasnya.

Wali Kota meminta kepada seluruh sekolah di Kota Banda Aceh untuk melakukan penghijauan dengan menanam sejumlah pohon untuk mengatasi bencana khususnya banjir, katanya.

“Minimal ada sepuluh pohon disetiap sekolah di Kota Banda Aceh, sehingga tidak hanya mengatasi bencana banjir namun juga membuat lingkungan sekolah asri dan juga menimbulkan udara yang sejuk serta memberikan kenyamanan belajar kepada siswa,” ujarnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, sampah yang tertampung dan menumpuk di sungai menjadi penghambat aliran air sehingga memicu terjadinya banjir saat musim penghujan, ungkapnya.

Selain kedua hal tersebut diatas, wali kota juga mengingatkan pentingnya penyebaran informasi ketika bencana, “Jika terjadi bencana jangan terpikir untuk menyelamatkan harta benda terlebih dahulu, tapi amankan diri dan segera hubungi nomor darurat”, ungkapnya.

Ia juga menyampaikan Pemerintah Kota Banda Aceh juga telah melakukan beberapa program kegiatan mitigasi bencana membuat peta evakuasi, membangun dan memperbaiki ruas jalan yang mendukung akses evakuasi, menyebarkan informasi dan sejenisnya, menentukan lokasi evakuasi, serta melakukan simulasi kebencanaan. (AY)

  • Bagikan