banner 728x250

BPKK Banda Aceh Siap Mengawal Percepatan Realisasi TKDD 2021

  • Bagikan

Banda Aceh – Tak lama setelah menerima alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) 2021 secara simbolis dari Gubernur Aceh, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman langsung menyerahkan dokumen TKDD kepada Kepala Badan Pengelola Keuangan Kota (BPKK) Iqbal Rokan, Jumat 27 November 2020 di Pendopo Wali Kota Banda Aceh.

Wali Kota Aminullah mengamanatkan BPKK agar alokasi dana tersebut dikelola dengan cepat, cermat, tepat sasaran, dan akuntabel. “Tadi Pak Wali berpesan agar dana TKDD ini dipergunakan seluas-luasnya, sebesar-sebesarnya, demi kesejahteraan masyarakat,” kata Iqbal usai menerima dokumen TKDD dari wali kota.

Wali kota pun menginstruksikan pihaknya untuk segera merealisasikan kegiatan atau program-program pembangunan yang dibiayai dengan dana dimaksud. “Sesuai instruksi beliau, kami siap mengawal dana TKDD ini untuk segera direalisasikan, terutama dalam pembangunan gampong,” katanya.

“Apalagi dalam situasi pandemi Covid-19, masyarakat masih membutuhkan banyak bantuan agar mampu bangkit dan menjadi lebih kuat dan mandiri secara ekonomi. Dengan begitu, perekonomian kota pun akan cepat tumbuh kembali,” katanya lagi.

Banda Aceh sendiri, kata Iqbal, mendapatkan kucuran dana TKDD 2021 dari pemerintah pusat sebesar Rp 823.180.995.000. “Dana ini antara lain akan digunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga kota dan pemberdayaan UMKM demi peningkatan kesejahteraan masyarakat, ujarnya.

Sebagai informasi, TKDD merupakan bagian dari belanja negara dalam rangka mendanai pelaksanaan desentralisasi fiskal. TKDD terdiri dari Dana Perimbangan, Dana Insentif Daerah (DID),serta Dana Desa. Setiap tahunnya, pemerintah bersama DPR melakukan pembahasan dan penetapan besaran alokasi TKDD per daerah.[]

  • Bagikan