banner 728x250

Dinkes Banda Aceh Evaluasi Pelayanan Kesehatan Puskesmas

  • Bagikan

Banda Aceh – Dalam rangka evaluasi Pelayanan Kesehatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas, Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh melaksanakan penilaian dan evaluasi kinerja melalui kegiatan penilaian RAPOR Puskesmas Tahun 2020 di Aula Khaula Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Selasa (10/11).

Para peserta terdiri dari, Kepala Puskesmas, Ketua Tim Mutu dari Puskesmas di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh. Sebagai juri pada kegiatan ini adalah Kepala Dinas Kesehatan Kota, para kepala bidang Yankes, P2P, Kesmas dan SDK.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, SKM, MKes mengatakan bahwa dalam kegiatan evaluasi ini ada beberapa indikator yang dinilai.

“Adapun kinerja yang dinilai yaitu UKM Essensial, UKM pengembangan, UKP, Manajemen, kemampuan kapus dalam mempresentasikan RAPOR dan Penggunaan Dana. Dengan kegiatan Penilaian RAPOR Puskesmas ini diharapkan adanya keseimbangan antara penggunaan dana di Puskesmas dengan hasil yang dicapai sesuai dengan indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Daerah,” jelasnya saat dikonfirmasi NBA pada Rabu (11/11).

Kegiatan ini merupakan agenda rutin Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dalam meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas serta poin penilaian diharapkan dapat diperluas seperti kerapian dan keindahan. Katanya.

Kadinkes menambahkan, untuk hasil penilaian RAPOR Tahun 2020, terjadi kendala dalam pelaksanaan realisasi kegiatan sehubungan dengan pandemik Covid-19, beberapa kegiatan yang terkait dilapangan dengan pengumpulan massa seperti, Posyandu, Posbindu, Posbindu lansia, senam lansia, prolanis, dan kegiatan disekolah, sebagian besar tidak bisa dilaksanakan sehingga memepengaruhi hasil akhir dari pelaksanaan kegiatan di Puskesmas.

Kata Lukman, penilaian RAPOR Puskesmas periode Bulan Januari s.d September 2020, menilai dan mengevaluasi target-target kekurangan tahun ini untuk ditingkatkan pada tahun depan, serta upaya untuk memotret diri sendiri untuk dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerja Puskesmas.

Pemenang dari penilaian ini akan dimumkan pada saat pencanangan HKN Tahun 2020. Tutup Lukman. (DM)

  • Bagikan